Mohon tunggu...
Helvyana Rossa
Helvyana Rossa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Helvyana Rossa A

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Bijak Bermedia Sosial di Era Pandemi

25 Januari 2022   00:02 Diperbarui: 25 Januari 2022   00:27 64 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Virus corona merupakan bencana di dunia ini terutama di Indonesia. Pada saat ini masalah virus corona di Indonesia masih belum juga usai. Pemerintah masih terus menetapkan kebijakan baru untuk menanggulangi penyebaran covid-19. Saat ini pemerintah sudah menetapkan kebijakan untuk melakukan pembelajaran secara hybrid. Namun masih banyak aktivitas belajar mengajar yang di lakukan secara daring. 

Contohnya pada mahasiswa dari Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Meskipun sudah ada kebijakan hybrid namun masih banyak mahasiswa yang melakukan perkuliahan secara daring. Mereka melakukan perkuliahan, mengerjakan tugas, dan juga berdiskusi secara daring, dengan menggunakan beberapa platform yang tersedia terutama media sosial. Media sosial sangatlah berguna bagi para mahasiswa khususnya untuk sosialisasi, berdiskusi bahkan sebagai platform pengumpulan tugas. Oleh karena itu di tengah pemdemi saat ini kita sebagai mahasiswa harus lebih bijak dalam menggunakan media sosial untuk menghindari dampak negatif yang di timbulkan saat mengakses media sosial di tengah pendemi ini.

Media sosial adalah wadah bagi semua orang khususnya mahasiswa Universitas Aisyiyah Yogyakarta bukan hanya tempat untuk mengekspresikan diri dan menyalurkan bakat. Media sosial juga di manfaatkan untuk sosialisasi, berinteraksi satu sama lain tanpa dibatasi ruang dan waktu, apalagi sejak adanya pandemi covid-19 ini, tidak hanya itu adanya media sosial juga untuk wadah dalam belajar dan tempat mengetahui segala informasi. 

Karena belum adanya kebijakan new normal dari pemerintah hingga sekarang oleh karena itu media sosial sangat mempermudah mahasiswa di era pendemi seperti sekarang. Dikutip dalam salah satu jurnal bahwa penggunaan media sosial mengalami peningkatan pada masa pandemi covid-19. Pengunaan media sosial yang berlebihan menimbulkan dampak negatif seperti kecanduan yang berujung menimbulkan kurangnya percaya diri, terpapar konten negatif, terpapar berita hoaks, bahkan memicu adanya kejahatan.  

Oleh karena itu sebagai mahasiswa kita harus lebih bijak dan pandai dalam menggunakan media sosial agar terhindar adanya dampak negatif di atas yaitu dengan cara memaksimalkan penggunaan media sosial untuk tugas kuliah, mulai belajar mengisi sosial media dengan konten yang beredukasi. Untuk organisasi di Universitas Aisyiyah Yogyakarta juga bisa mengadakan kegiatan belajar Bersama, lomba atau kegiatan lainya yang bermanfaat untuk para mahasiswa, dimana nantinya kegiatan itu akan membuat mahasiswa Universitas Aisyiyah Yogyakarta lebih produktif dan tidak ikut terpengaruh dari dampak negatif dari sosial media. 

Juga di harapkan beberapa kegitan itu nantinya akan meningkatkan minat belajar para mahasiswa dan wadah untuk menambah serta menyalurkan ilmu di masa pandemi saat ini, dengan itu, adanya pandemi ini tidak menjadikan asalan untuk para mahasiswa menjadi malas dan kesulitan dalam menjalani masa perkuliahan, dan tidak menjadi penghalang mahasiswa untuk tetap aktif dan produktif untuk menggapai cita-citanya.

 Bukan hanya untuk organisasi namun penggunaan media sosial juga bisa untuk kita para mahasiswa sebagai awal untuk belajar berbisnis, tidak sedikit para mahasiswa muda di Indonesia yang belajar bisnis dari media sosial, mereka menjual jasa yang mereka bisa, menjual produk yang mereka bikin dan bahkan untuk mereka yang cukup terkenal dan mempunyai banyak followers mereka membuka endorsement . dan masih banyak lagi. 

Kita sebagai mahasiswa kita di tuntut untuk kreatif dan inovatif dalam menghadami era globalisasi saat ini. kita bisa memulai dengan memilih apa yang ingin kita jual atau kita tawarkan, seperti contoh simpelnya berjualan produk dengan segmentasi teman teman kita sendiri, menjual apa produk yang sedang banyak di minati oleh teman kita sendiri. atau kita bisa menjadi problem solving dengan cara membuat sesuatu yang beda untuk kita tawarkan pada orang lain dan kitab isa mulai dengan penggunaan platform Instagram di mana ini adalah sosial media yang paling banyak di minati oleh para ramaja saat ini. Ini nantinya juga akan mengasah diri kita untuk lebih berkembang kita juga bisa belajar untuk terjun ke lapangan jadi kitab isa berkuliah sambil berbisnis.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan