Literasi yaitu adalah suatu kemampuan dimana disaat era revolusi industri 4.0 dan bahkan memasuki society 5.0 sangat dibutuhkan oleh setiap individu. dimana informasi sudah sangat berkembang dan masif penyebarannya memerlukan skill dan teknik bagaimana mengelola atau menanggapi dari sebuah informasi tersebut, maka dari itu diperlukan pemahaman literasi. literasi sendiri yaitu kemampuan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan suatu masalah pada tingkat tertentu.
Indonesia sendiri dalam hal literasi bisa atau masih dikatakan rendah. melihat kondisi ini Universitas Pendidikan Indonesia(UPI) mengadakan program Kuliah Kerja Nyata dengan tema meningkatkan literasi. diharapkan mahasiswa bisa menciptakan dan membantu program literasi di sekolah-sekolah, membimbing siswanya dalam belajar dan membantu guru untuk memaksimalkan pembelajaran guna meningkatkan literasi di sekolah.Â
Disini penulis berkesempatan untuk melakukan kegiatan meningkatkan literasi ke sekolah tujuan penulis yaitu SMPN 2 Sijuk di Belitung. Penulis sebagai mahasiswa berupaya untuk membantu peserta didik dalam belajar dan untuk program literasinya, penulis menawarkan kegiatan membaca berita sebagai sebuah kebiasaan, dimana penulis menyarankan peserta didik untuk membaca minimal satu berita selama satu hari, kemudian menuliskan maksud berita itu dengan bahasa mereka sendiri.
Hal ini penulis lakukan dikarenakan penulis mengharapkan peserta didik bisa memahami sebuah informasi dan peka terhadap linkungan yang sedang terjadi saat ini. Selain untuk meningkatkan kemampuan literasi dan juga diharapkan bisa meningkatkan pemikiran kritis terhadap pendapatnya sendiri. Selain dari hal tersebut penulis juga memberikan beragam bahan buku non pendidikan seperti tutorial bermain gitar, bagaimana cara membuat komik, bagaimana cara menggambar, Belajar fotografi, dan buku lain lain untuk meningkatkan minat peserta didik dalam mengembangkan hobinya