Mohon tunggu...
Helmi Yusuf
Helmi Yusuf Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan IPS, Universitas Pendidikan Indonesia

kelahiran jakarta dan mengenyam pendidikan kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia(UPI) Bandung

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 2021: Membaca Berita sebagai Kebiasaan Guna Meningkatkan Literasi

23 September 2021   11:00 Diperbarui: 23 September 2021   11:05 46 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Membaca Berita sebagai Kebiasaan Guna Meningkatkan Literasi
Dokumen pribadi

Literasi yaitu adalah suatu kemampuan dimana disaat era revolusi industri 4.0 dan bahkan memasuki society 5.0 sangat dibutuhkan oleh setiap individu. dimana informasi sudah sangat berkembang dan masif penyebarannya memerlukan skill dan teknik bagaimana mengelola atau menanggapi dari sebuah informasi tersebut, maka dari itu diperlukan pemahaman literasi. literasi sendiri yaitu kemampuan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan suatu masalah pada tingkat tertentu.

Indonesia sendiri dalam hal literasi bisa atau masih dikatakan rendah. melihat kondisi ini Universitas Pendidikan Indonesia(UPI) mengadakan program Kuliah Kerja Nyata dengan tema meningkatkan literasi. diharapkan mahasiswa bisa menciptakan dan membantu program literasi di sekolah-sekolah, membimbing siswanya dalam belajar dan membantu guru untuk memaksimalkan pembelajaran guna meningkatkan literasi di sekolah. 

Disini penulis berkesempatan untuk melakukan kegiatan meningkatkan literasi ke sekolah tujuan penulis yaitu SMPN 2 Sijuk di Belitung. Penulis sebagai mahasiswa berupaya untuk membantu peserta didik dalam belajar dan untuk program literasinya, penulis menawarkan kegiatan membaca berita sebagai sebuah kebiasaan, dimana penulis menyarankan peserta didik untuk membaca minimal satu berita selama satu hari, kemudian menuliskan maksud berita itu dengan bahasa mereka sendiri.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

Hal ini penulis lakukan dikarenakan penulis mengharapkan peserta didik bisa memahami sebuah informasi dan peka terhadap linkungan yang sedang terjadi saat ini. Selain untuk meningkatkan kemampuan literasi dan juga diharapkan bisa meningkatkan pemikiran kritis terhadap pendapatnya sendiri. Selain dari hal tersebut penulis juga memberikan beragam bahan buku non pendidikan seperti tutorial bermain gitar, bagaimana cara membuat komik, bagaimana cara menggambar, Belajar fotografi, dan buku lain lain untuk meningkatkan minat peserta didik dalam mengembangkan hobinya

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan