Mohon tunggu...
Helma Amelia Apriani
Helma Amelia Apriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

Hallo!!!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN Tematik UPI 2021 : Edukasi dan Simulasi Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 dengan Melakukan 6 Langkah Cuci Tangan

28 Juli 2021   00:30 Diperbarui: 28 Juli 2021   07:58 52 1 0 Mohon Tunggu...

Penyakit virus corona 2019 atau lebih sering disebut covid-19 sebuah nama baru yang diberikan oleh Wolrd Health Organization (WHO) bagi pasien dengan infeksi virus yang pertama kali dilaporkan dari kota Wuhan, China pada akhir tahun 2019. Penyakit yang menyerang saluran pernapasan seperti covid-19 yang disebabkan virus menyebar ketika percikan dahak yang mengandung virus masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung, ataupun tenggorokan. Akan tetapi, yang paling sering terjadi adalah melalui tangan.

Upaya pencegahan banyak dilakukan seperti dengan menggunakan masker, berjaga jarak, menghindari kerumunan dan salah satunya adalah mencuci tangan menggunakan sabun. Mencuci tangan menggunakan sabun adalah salah satu tindakan dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air mengalir dan sabun untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai virus.

Mencegah penularan covid-19 dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat merupakan hal yang sangat penting dalam kondisi sekarang ini. Karena tangan merupakan pembawa utama kuman atau virus penyakit karena sering sekali kita berjabat tangan atau bersalaman dengan orang lain, oleh karena itu sangat penting untuk diketahui dan diingat bahwa perilaku mencuci tangan memakai sabun merupakan perilaku sehat yang sangat efektif untuk mencegah penyebaran berbagai penyakit menular.

Kebanyakan anak usia dini sekarang mempunyai kebiasaan kurang memperhatikan perilaku mencuci tangan terutama di lingkungan bermainnya. Kebiasaan mencuci tangan masih awam di sekitar anak-anak. Dalam kegiatan ini saya sebagai Mahasiswa KKN Tematik UPI 2021 memberikan edukasi mencuci tangan menggunakan sabun kepada anak-anak di daerah lingkungan saya dan melakukan simulasi di lapangan dengan berpedoman 6 langkah cuci tangan.

Nah apa saja sih 6 langkah cuci tangan itu diantaranya :

1. Basahi dulu kedua tangan dengan air mengalir dan berikan sabun secukupnya

2. Gosok kedua punggung tangan secara bergantian

3. Gosok sela-sela kedua jari tangan

4. Gosok dalam bagian dalam jari tangan dengan posisi saling mengunci

5. Gosok dan putar ibu jari tangan memutar secara bergantian

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x