Mohon tunggu...
Lalu ThoriqDarlyn
Lalu ThoriqDarlyn Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

gemoy

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Melakukan Sosialisasi tentang Tata Cara Pelaporan Masalah Listrik kepada PLN di Kelurahan Bongsari

14 Agustus 2022   11:07 Diperbarui: 14 Agustus 2022   11:11 123
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa penggunaan listrik di Indonesia sangatlah tinggi dan meluas seiring dengan berkembangnya teknolgi dan pembangunan yang digalakkan oleh pemerintah. Saat ini hampir seluruh rakyat Indonesia merasakan pelayanan listrik meskipun belum mencakup keseluruhan dikarenakan terdapat banyak kendala yang dihadapi seperti medan yang sulit,area yang jauh,biaya yang mahal,dan lain-lain. Hal ini tentu menjadi kendala dalam proses pendistribusian listrik yang merata ke seluruh  wilayah Indonesia.

Dokpri
Dokpri

 Dalam proses pendistribusian listrik tentu kerap kali terjadi permasalahan di tengah masyarakat. Namun kebanyakan masyarakat khususnya masyarakat Kelurahan Bongsari masih belum mengetahui mekanisme pengaduan permasalahan listrik kepada PLN. Masyarakat kerap kali bingung harus bagaiamana ketika terjadi permasalahan listrik. 

Oleh karena itu mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro memberikan sosialisasi dan edukasi kepada warga kelurahan Bongsari mengenai mekanisme pengaduan permasalahan listrik yg efektif dan efisien .

Dokpri
Dokpri

Kegiatan sosialisasi tata cara pelaporan masalah listrik kepada PLN  ini dilakukan pada hari Jumat, 5 Agustus 2022 di Balai RT 9 RW 8 Kelurahan Bongsari. Dalam hal ini mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro menyampaikan  tata cara pengaduan kepada PLN dimana terdapat dua cara yaitu pengaduan secara langsung dan secara online(tidak langsung). Pengaduan secara langsung dengan cara melaporkan permasalahan listrik secara langsung atau mendatangi kantor unit distribusi PLN terdekat. 

Sementara itu,untuk pengaduan secara online, disamping melalui saluran telpon, PLN membuat inovasi terbaru berupa aplikasi pengaduan permasalahan listrik agar mempermudah masyarakat ketika terjadi permasalahan. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play Store pada smartphone masing-masing. 

Mahasiswa KKN Tim II universitas Diponegoro menambahakan informasi mengenai aplikasi PLN Mobile yang sedang digencarkan oleh PLN Kepada masyarakat. Melalui aplikasi tersebut masyarakat tidak hanya bisa melaporkan permasalahan listrik,akan tetapi terdapat banyak layanan lainnya seperti penyambungan baru,penambahan daya,perkiraan estimasi dana penyambungan,dan lain-lain.

Dokpri
Dokpri

Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan masyarakat sangat antusias mendengarkan penyampaian mahasiswa karena masalah pelaporan listrik merupakan permasalahan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Setelah acara sosialisasi tersebut mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melakukan sesi pemberian poster tentang tata cara pelaporan listrik kepada PLN secara simbolis kepada ketua RW 8 yang kemudian poster-poster tersebut akan ditempelkan pada setiap papan informasi Balai RW setempat.

Penulis : Lalu Thoriq Darlyn Pratama-40040619683019

DPL    : Marwini, S.HI., Lc. ,M.Si.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun