Mohon tunggu...
Heinrich Terra
Heinrich Terra Mohon Tunggu... Freelancer - COMMUNICATION

VREDE EN ALLE GOEDS

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Apa Bedanya Film Tahun 90-an dan 2000-an? Simak di Sini!

15 September 2022   18:44 Diperbarui: 15 September 2022   18:53 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumen Pribadi

Film merupakan sebuah sarana hiburan yang dimanfaatkan dikala sedang penat ketika menjalani hari yang penih dengan aktivitas membosankan. Terkadang film juga kerap kali dijadikan sumber hiburan utama. Tentu sebagai pegiat perfilman khususnya di Indonesia sangat banyak sekali pilihan genre yang tersedia.

Pada film-film yang diproduksi dalam negeri sendiri terdiri dari banyak jenis ditawarkan. Tak hanya itu film yang ditawarkan juga dapat melalui layanan streaming ataupun menonton langsung ke bioskop. Perfilman di Indonesia kini sudah mengalami perkembangan yang luar biasa jika dibandingkan dengan tahun 1900-an silam.

Film yang diproduksi pada tahun 2000-an sangat terlihat jelas dari segi penayangan maupun warna serta teknologi yang digunakan. Tak hanya itu jika dilihat lebih mendalam terdapat perbedaan antara paradigma, genre, dan subgenre.

Melalui hal itu, dalam artikel ini saya ingin mengajak para pembaca membandingkan film yang berjudul "Cinta dibalik Noda" tahun 1984 dengan film "Critical Eleven" tahun 2017 berdasarkan paradigma, genre, dan subgenre.

Sumber: filmaffinity.com
Sumber: filmaffinity.com

Gambaran Film

Film yang dibintangi oleh pemeran-pemeran lawas di tahun 1984 yakni seperti Meriam Belina, Sando Tobing, Fatimah Maria, dan beberapa aktor lainnya disaat itu. Film yang mengisahkan hubungan antara tiga sahabat memiliki hubungan sangat baik hingga pada akhirnya salah satu dari mereka harus keluar dari persahabatan tersebut disebabkan oleh cinta. Setelah salah satu dari mereka keluar maka persahabatan tersebut berantakan.

Dimana tokoh yang bernama Atika berusaha melanjutkan karir bernyanyinya sendiri. Seiring berjalannya waktu bertemu dengan Eros yang seorang pria yang tidak baik hingga dikenalkan dengan narkoba dan kehidupan malam. Singkat cerita Atika dan Eros ditangkap oleh polisi akibat kasus pencurian lalu dimasukkan ke tempat rehabilitasi.

Di tempat rehabilitasi tersebut Atika dirawat oleh Rafli pacar Saskia. Hingga akhirnya Rafli lebih memilih bertahan dengan Atika cinta lamanya daripada Saskia.

Sedangkan pada film "Critical Eleven" tahun 2017 yang dibintangi oleh Reza Rahardian dan Adinia Wirasti. Film tersebut menceritakan kisah Ale dan Anya yang bertemu di pesawat saat ingin pergi ke Sydney. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun