Mohon tunggu...
Heinrich Keita Wirawan
Heinrich Keita Wirawan Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar dari SMA Kolese Kanisius

Saya merupakan seorang pelajar dari SMA Kolese Kanisius Jakarta. Saya tertarik dengan seni rupa dan hal lainnya seputar seni. Selamat membaca!

Selanjutnya

Tutup

Seni Pilihan

Jean Michel Basquiat, Seni dan Kegilaannya

28 November 2022   14:43 Diperbarui: 28 November 2022   14:50 175
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto : Tirto.id

Seni merupakan karya yang inklusif, dimana karya seni dapat dinikmati oleh seluruh orang dari berbagai kalangan. Ada banyak sekali tokoh-tokoh seniman yang mencetuskan aliran-aliran seni baru. 

Di artikel ini, artikel ini akan menjelaskan mengenai kehidupan seorang seniman Amerika yang meraih kesuksesan di tahun 1980-an. Seniman tersebut bernama Jean-Michel Basquiat, ia dilahirkan dalam keturunan Haiti dan Puerto Rico. 

Basquiat sudah tertarik dalam bidang kesenian pada saat ia masih kecil, ketika ibunya sering mengajaknya ke museum dan ibunya memberikan Basquiat seperangkat alat lukis. 

Latar belakang keluarga yang berkulit hitam merupakan bagian besar inspirasi dari seninya. Semua itu dapat dilihat dari karyanya yang mengkritik isu sosial seperti rasisme terhadap orang berkulit hitam di Amerika. 

Karirnya berawal dari mencoret-coret dinding New York dengan cat pilox bersama temannya. Semakin banyak gambar di jalanan, semakin namanya dikenal orang banyak. 

Penulis mengatakan bahwa karyanya memiliki gaya lukisan yang spontan dan ekspresionis dan membawa warna baru dalam dunia Pop Art. Penulis juga menyukai lukisannya yang berkolaborasi dengan legenda seni lainnya Andy Warhol. Penulis mengatakan bahwa karya dihasilkan merupakan karya yang fenomenal dan menjadi inspirasi dunia seni sampai sekarang.

Walaupun disayangkan Basquiat sudah beristirahat dengan tenang, tetapi seninya masih dikenal terus oleh orang banyak dan sosok Basquiat akan selalu dihormati. Contohnya seperti artikel ini. 

Tujuan dari artikel ini adalah untuk lebih mengenal seorang Jean-Michel Basquiat yang memiliki hidup yang cukup menarik. Kisah hidup yang menarik ini dapat menjadi sebuah inspirasi bagi orang banyak. Dari awal karirnya di jalanan sampai lukisannya dilelang seharga ratusan juta. Riwayat hidup seorang Basquiat harus selalu diingat.

Bahasa yang digunakan cukup mudah untuk dimengerti orang awam. Walaupun ada beberapa bahasa yang mungkin hanya yang mengerti seni yang mengerti seperti “ekspresionisme” dan “Pop Art”. Selain itu, artikel ini memakai bahasa yang mudah untuk dimengerti.

Sejak kematian seorang seniman ternama dan penting Jean-Michel Basquiat, karyanya masih dikenang dan bahkan dihargai lebih dari pada masa kehidupannya. Artikel ini membahas tentang perspektif Jennifer Stein, seorang sahabat dari Basquiat.

Penulis mengatakan bahwa titik penting karirnya adalah bertemu dengan tokoh Pop-art penting di dunia seni Andy Warhol dan sahabatnya Jennifer Stein. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun