Mohon tunggu...
Kelompok Menulis Heco
Kelompok Menulis Heco Mohon Tunggu... Seniman - Health and environmental campaign.

Kelompok Menulis asal Kupang yang memiliki ketertarikan pada isu-isu kesehatan, lingkungan, dan sosial budaya. E-mail: healthacoustic@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Sesuatu yang dari Hati Akan Sampai ke Hati

24 Juli 2022   19:40 Diperbarui: 24 Juli 2022   19:46 87 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Nama saya Friskalia Indah, S.KM lulusan FKM Undana tahun 2018. Saat ini bertugas sebagai tenaga kesehatan masyarakat program Nusantara Sehat team based yang bertugas di Puskesmas Asset Kabupaten Mappi yang baru resmi menjadi provinsi Papua Selatan. 

Ketika pertama kali tiba di puskesmas Asset, wah speechless. Bagaimana tidak? Hal pertama yang membuat saya terkejut adalah puskesmas menyelenggarakan pelayanan kesehatan di gedung pinjaman. 

Gedung ini merupakan gudang milik pemerintah distrik yang hanya ada 4 ruangan saja. Ruangan yang minim ini disulap menjadi ruangan UGD, Poli umum, KIA dan Apotek. Hal ini sangat tidak efektif dan banyak kekurangan dalam memberikan pelayanan kesehatan standar. 

Sebenarnya, ada gedung Puskesmas tapi belum bisa digunakan perihal tidak  ada pelepasan lahan dari pihak masyarakat sehingga gedung tersebut disegel.

Sumber: Hecolab Project
Sumber: Hecolab Project

Hal kedua yang membuat saya tercengang yaitu, masyarakat seakan-akan lebih paham jenis penyakit yang diderita sehingga mereka yang menentukan jenis obat yang harus diberikan oleh tenaga kesehatan yang bertugas. Misalnya mereka hanya sakit badan akibat kecapean mintanya amoxicillin. 

Padahal itu obat antibiotik yang tidak boleh dikonsumsi sembarang. Hal ini diduga, mungkin dikejadian dimasa lampau saat diberikan amoxicillin untuk penyakit infeksi, bertepatan dengan kecapean serta sakit badan jadi mereka anggap itu obat yang manjur. Jadi saat mereka kecapean yah minta obat yang sama, tidak mau yang lain. Ini jadi tugas berat buat para Nakes disini.

Saya ingin menceritakan tempat pelayanan saya. Puskesmas Asset terletak di Distrik Syahcame, Kabupaten Mappi, Provinsi Papua Selatan. Berdiri pada tahun 2016, wilayah kerjanya mencakup 8 kampung yang dikategorikan menjadi wilayah 1, wilayah 2 dan wilayah 3 berdasarkan tingkat kesulitan.

Sumber: Hecolab Project
Sumber: Hecolab Project

Pengalaman yang berkesan, unik dan menantang adalah setiap bulan menyusuri medan yang cukup sulit baik darat maupun sungai serta lokasi yang jauh untuk melaksanakan kegiatan pusling demi menjangkau masyarakat yang jauh dari fasilitas kesehatan merupakan hal wajib yang dilakukan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan