Mohon tunggu...
Haykal Rahadian
Haykal Rahadian Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta

Communication Student

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ngabuburit Asyik di Alun-alun Kidul

15 April 2021   14:38 Diperbarui: 15 April 2021   14:39 499 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ngabuburit Asyik di Alun-alun Kidul
Foto: Dokumentasi Pribadi

Saat ini kita telah memasuki bulan Ramadhan, yang mana umat muslim di seluruh dunia sedang menjalankan ibadah puasa

Selama 30 hari umat muslim harus menahan lapar, haus, dan nafsu agar mendapatkan berkah di bulan ini. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu hingga berbuka puasa. Salah satunya adalah ngabuburit

Ngabuburit adalah aktifitas yang dilakukan menjelang buka puasa. Ada yang menunggu berbuka puasa di Masjid sambil mengaji, ada yang pergi ke tempat makan bersama keluarga atau pasangan. 

Kebanyakan masyarakat memilih untuk ngabuburit ke tempat yang mimiliki banyak pilihan makanan dan ramai orang. Salah satu tempat yang menjadi pilihan orang-orang untuk dijadikan tempat ngabuburit adalah alun-alun kidul Kota Yogyakarta.

Alun-alun kidul merupakan tempat yang sangat diminati masyarakat untuk dijadikan tempat menunggu berbuka. Banyaknya pilihan makanan dan adanya berbagai macam hiburan membuat masyarakat suka ngabuburit di sana. 

Ditambah lagi harga makanan yang dijual terjangkau membuat orang orang mengajak keluarganya untuk nongkrong di alun-alun. 

Dari anak kecil hingga orang dewasa banyak terlihat di sekitaran lapangan alun-alun. Salah satunya adalah Akhbar, seorang mahasiswa asli jogja yang gemar ngabuburit di Alkid.

"Hampir tiap tahun pasti ngabuburit di sini sama pacar, soalnya kalau sendiri juga bingung mau ngapa-ngapain" ujarnya ketika ditanya seberapa sering ngabuburit di alun-alun kidul.

Untuk pilihan makanan jangan ditanya, banyak sekali makanan yang cocok untuk disantap ketika berbuka. Ada bakso tusuk, bakso bakar, jagung bakar, sosis bakar, tahu gejrot, telor gulung, dan ada akringan juga untuk yang ingin menjajal nasi kucing. 

Untuk minumannya ada banyak kedai atau warung yang menjual berbagai jenis minuman. Rentang harga makanan di Alun-alun kidul yaitu sekitar Rp.5000 hingga Rp.15.000 cocok untuk mahasiswa ataupun pelajar.

"Untuk makanan favorit disini ya tetep bakso tusuk sih soalnya murah dan cukup mengenyangkan juga" Ucap Akhbar kepada kami.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x