Mohon tunggu...
Haykal Assegaf
Haykal Assegaf Mohon Tunggu... Melampaui Horizon !

Hallo, Saya Haykal Assegaf, Mahasiswa Universitas Diponegoro, bagi saya menulis akan membuat pengetahuan apa yang sudah pernah saya dapatkan bisa menjadi lebih banyak yang mengetahui dan semakin banyak manfaat yang bisa diperoleh, karna dengan menulis membuat dirimu menuju keabadian.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Menjadi Pemilih yang Cerdas di Pilwalkot Tangsel 2020

1 Agustus 2020   15:00 Diperbarui: 1 Agustus 2020   15:10 45 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menjadi Pemilih yang Cerdas di Pilwalkot Tangsel 2020
Illustrasi Janji Kampanye (Ilustrasi: @haykal_assegaf)

Pemilihan Walikota Tangerang Selatan sudah sebentar lagi, Pada saat ini (20/2/2020) sudah banyak poster atau Banner yang terpasang di sudut-sudut jalan dan banyak baliho yang sudah muncul kata-kata "Bakal Calon Walikota". Pesta demokrasi ini menjadi momentum kita untuk memperbaiki Kota Tangsel kita untuk bisa lebih baik kedepannya baik dari segi trasnportasi publik, layanan masyarakat, infrastruktur dan lainnya.

sebuah harapan dari kita untuk kondisi Kota Tangerang Selatan yang lebih baik dengan lahirnya pemimpin yang jujur, amanah, antikorupsi, dapat menciptakan kesejahteraan, hidup yang layak, dan sebagainya, hal ini akan terwujud dengan memilih pemimpin yang benar dan sesuai dengan janjinya.

Dalam Undang-Undang No. 7 tahun 2017 pasal 1 dijelaskan bahwa pemilihan umum yang selanjutnya disebut Pemilu adalah sarana kedaulatan rakyat untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, anggota Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, dan untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 

Maka dari itu perlulah kita tau beberapa langkah yang bisa mencari pemimpin yang baik, dengan mengenal pemimpin dan mengetahui apa yang akan diabawa nantinya, nah langkah-langkahnya yaitu :

  • Pilih yang ada Visi-Misi dan Program yang jelas

Pertama dari banyaknya  calon yang ada, Kita harus tau dulu Visi-Misi mereka untuk mencalonkan diri, hal ini penting agar kita tau apa aja yang mereka bawa dan perubahan besar apa aja yang bakal diberikan si calon untuk masyarakat Tangsel kedepannya, karna dari adanya visi-misi yang jelas kita bisa tau arah gerak ketika ia memimpin selama priodenya kedepan.

Selain itu penting juga kita untuk mengetahui Parameter Keberhasilan tiap Program yang mereka bawa, dan point Program kerja yang akan dia laksanakan nantinya, hal ini bertujuan agar kita tau apa saja yang akan si Calon ini laksanakan di setiap Tahunnya dan memiliki tingkat kebersilan yang seperti apa, dan kita bisa menuntut Janji kampanyenya nantinya karna ada parameter yang jelas.

  • Jangan Tertipu dengan Janji di Poster

Banyak kita lihat di poster atau di alat praga kampaye mereka sologan yang Utopis tanpa parameter yang jelas, Misalnya "Tangsel Hebat", "Tangsel Juara", "Pilih saya Kesejahteraan rakyat", Nah hal-hal demikian lah yang harus kita kritisi, dan kita tanyakan, karna tidak jelas dan terukur dari slogan mereka, seperti Tangsel Hebat ?, Hebat seperti apa ?, Apa yang membuat ketika dia memimpin Tangsel menjadi Hebat, hal ini perlulah kita kritisi dan kita tanyakan kemereka.

maka dari itu perlulah parameter untuk kita mengetahui dan menilai kesuksesan mereka dalam memimpin, Misalnya si calon membuat janji Tangsel yang sejahtera dalam 5 tahun kedepan, nah sejahtera yang dimaksud yaitu, misalnya dalam parameter sederhananya yaitu :

- Melakukan pernurunan sebesar 2% pengangguran di Kota Tangsel dari tahun 2020

- Memberikan bantuan langsung Non-Tunai kepada 105.000 Keluarga Pra sejahtera setiap tahunnya

- Memberikan tarif Angkutan Umum yang Rp. 1000 dalam sekali trip, dan menggaji para pengemudi sesuai dengan UMR Prov Banten secara bertahap dalam 4 tahun.

- Memberikan 1000 beasiswa untuk Mahasiswa  Tangsel setiap tahunnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x