Mohon tunggu...
Hasyyati Agustin
Hasyyati Agustin Mohon Tunggu... Universitas AMIKOM Purwokerto

Purwokerto

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Memanfaatkan Pandemi sebagai Peluang Emas Merintis Usaha

17 Mei 2021   16:00 Diperbarui: 18 Mei 2021   03:40 84 2 0 Mohon Tunggu...

Berbicara tentang pandemi yang tidak kunjung reda, apa yang kalian rasakan selama dirumah saja dan peluang apa yang bisa kita ambil selama pandemi ini??

Sebenarnya pandemi bukan suatu penghalang untuk seseorang merintis usaha barunya, walaupun banyak usaha yang gulung tikar karena pandemi. Namun tanpa kita sadari sebenarnya banyak peluang usaha yang mulai bermunculan. Maka dari itu kita harus pandai membaca peluang yang ada di sekitar kita, pada dasarnya seseorang yang mempunyai jiwa berbisnis akan sangat mudah membaca situasi yang sedang terjadi.

Berbicara tentang jiwa wirausahawan, sebenarnya hal itu dapat kita bentuk mulai sekarang. Contohnya dengan menambah minat kita menjadi orang yang sukses melalui jalan berbisnis, serta kita belajar dari cerita hidup orang yang telah sukses dalam merintis bisnisnya baik itu pengalaman hidupnya ataupun kiat – kiat yang dilakukan agar usahanya bisa sukses seperti sekarang.

 Lalu apa saja yang bisa kita manfaatkan dengan adanya pandemi ini??

Sebenarnya pandemi tidak mengurangi minat berbelanja seseorang, bedanya sekarang metode yang dilakukan yaitu online. Dengan begitu kita dapat memulai merintis usaha walaupun di rumah saja. Bagi yang pandai memasak bisa menawarkan masakannya melalui berbagi macam media sosial yang ada. Dengan memanfaatkan media sosial yang ada, kita dapat mempermudah dalam melangsungkan usaha secara efisien. Pasalnya dengan adanya usaha online kita tidak perlu menyediakan tempat, yang artinya itu menghemat modal awal kita.

Dengan adanya pandemi pula kebutuhan masyarakat akan pengguanan masker juga meningkat, itu juga menjadi salah satu peluang usaha yang dapat kita gunakan. Dan belum lagi setiap kalangan memiliki selera masker yang berbeda.

Misalnya, kalangan remaja yang menyukai masker sekali pakai, lalu kalangan orang tua yang menyukai masker bermotif bunga ataupun lainnya. Dari hal tersebut sudah bisa dilihat banyak sekali kesempatan yang dapat kita gunakan untuk memulai usaha di masa pandemi.

Hasyyati Tri Agustin, Universitas Amikom Purwokerto, Bisnis Digital

VIDEO PILIHAN