Mohon tunggu...
Hastira Soekardi
Hastira Soekardi Mohon Tunggu... Ibu pemerhati dunia anak-anak

Pengajar, Penulis, Blogger,Peduli denagn lingkungan hidup, Suka kerajinan tangan daur ulang

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Tak Ada Ruginya Menanam Ginseng Jawa

21 April 2021   06:09 Diperbarui: 21 April 2021   06:20 151 11 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tak Ada Ruginya Menanam Ginseng Jawa
Sumber gambar :https://www.rumah.com

Beberapa teman menanam ginseng Jawa dan aku kepikiran juga menanamnya karena ternyata manfaatnya banyak. Dan alhamdulilah dapat dari tetangga. Gak tahu kenapa tumbuhnya lambat dan lambat laun warna daunnya menguning. Ini pasti ada yang salah. Beberapa minggu yang lalu aku bertamu ke teman dan melihat dia memiliki ginseng Jawa banyak dan subur .

Bahkan ada yang tak ditanam tumbuh sendiri di halaman ruamhnya. Mungkin banyak biji yang terbang dan terlempar sehingga bisa tumbuh dimana-mana di halaman rumahnya. Dan dengan basa basi sedikit akhirnya dapat cukup banyak aku dapat. Sudah aku tanam dan alhamdulilah bisa tumbuh subur. Belum aku manfaatkan , mau aku perbanyak dahulu.

Jadi di tanah Jawa juga ada ginseng ya bukan hanya milik negera ginseng , Korea. Dan ginseng Jawa juga tak kalah banyak manfaatnya seperti ginseng dari Korea.

Ginseng Jawa ini memang berkhasiat untuk meningkatkan stamina sama dengan ginseng Korea. Sangat bermanfaat buat kesehatan karean ginseng Jawa terkandung di dalamnya seperti saponin, tannin, dan flavanoid.Saponin yang ada di ginseng sebenarnya sudah cukup dikenal sebagai anti kanker, mengikat kolesterol dan bersifat antibiotik. 

Dan flavanoid berguna untuk antibakteri, antiinflamasi, amtialergi, anti mutagenik,antivirus dan antioksidan. Dan terakhir tannin memiliki manfaat  pengkelat ion logam, agen penggumpal protein dan antioksidan. Dengan  adanya senyawa yang terkandung di ginseng yang bermanfaat buat kesehatan seperti

  • Sebagai tonikum. Tujuannya untuk menambah stamina seseorang yang kondisinya lemah atau bagi orang yang mau performanya bagus.
  • Untuk kebugaran tubuh. Konsumsi air rebusan ginseng bersama teh sebabkan tubuh menjadi bugar dan tahan dari serangan virus.
  • Mengobati sakit kepala. Lebih baik mengobati dengan herbal, akar ginseng kering yang direbus agar empuk.
  • Meredakan batuk berdahak. Bisa dengan cara merebus akar ginseng kering atau dengan cara menggigitnba
  • Mengobati radang paru.
  • Mengatasi diare. Bisa diatasi dengan rebusan akar ginseng sebanyak 30-60 gram.

Dan ternyata selain akar ginseng yang dimanfaatakn, daun ginseng Jawapun bisa dimanfaatkan untuk bahan masakan. Banyak loh resep sayuran dengan bahan daun giseng. Bahkan bisa untuk lalapan.

Jadi tertarik dengan ginseng Jawa, makanya bisa dicoba ditanam di ruamh, karena gak butuh lahan luas. Di dalam pot juga bisa. Jadi biji disemai dulu sampai tumbuh tunas dan berdaun, baru dipindahkan dalam pot atau polybag. Dimana media tanamnya berupa tanah, kompos dan sekam dengan perbandingan 1:1:1.  Dan untuk perawatannya jangan lupa disiram, disiangi dan dipupuk. Dan untuk memperbanyak juga bisa dengan cara distek. Jadi potong batangnya dan tinggal ditanclapkan di tanah.  Kalau bisa sih diperbanyak dulu sehingag bisa dimanfaatkan .

Banyak loh resep-resep yang ada dengan bahan daun ginseng. Bisa ditumis , buat lalapan. Sungguh aku tak sabar menunggu ginseng Jawa aku diperbanyak agar daunnya bisa dimanfaatkan buat masakan yang lezat. Dan memang yang paling banyak dibuat tumisan yang praktis, bisa dibuat tambahan untuk nasi goreng, balado daging.

VIDEO PILIHAN