Mohon tunggu...
Hastira Soekardi
Hastira Soekardi Mohon Tunggu... Ibu pemerhati dunia anak-anak

Pengajar, Penulis, Blogger,Peduli denagn lingkungan hidup, Suka kerajinan tangan daur ulang

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Bunga Telang Nan Indah Kaya Manfaat

19 Februari 2020   02:28 Diperbarui: 19 Februari 2020   02:47 261 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bunga Telang Nan Indah Kaya Manfaat
Sumber gambar : dok pribadi

Waktu aku ke rumah temanku aku melihat dia menanam pohon telang. Dan sudah ada bunganya warna biru keunguan, bentuk bunganya bagus dengan warna biru keunguan yang menarik. 

Jadi inget salah satu teman blogger juga pernah menuliskan tentang tanaman ini. Tapi karena melihat tanaman ini , jadi kepikiran buat nulis juga. Tak apa ya, karena setiap tulisan walau materinya sama tapi cara penyampaiannya pastinya berbeda.

Jadi bunga telang atau dikenal dengan bahasa latinnya Clitoria ternatea. Tumbuhan ini dikenal merambat yang banyak terlihat di pekarangan rumah atau hutan. 

Tanaman ini termasuk jenis polong-polongan dan berasal dari Asia sebagai tanaman hias dan sudah bisa mencapai tinggi 5 meter.

Berambut halus dan bagian pangkalnya berkayu. Bentuk daunnya majemuk menyirip trifoleat dan memang mirip dengan daun kacang-kacangan Bunganya tunggal seperti kupu-kupu bentuknya dan keluar dari ketiak daun. Warnanya biru tapi kalau kata aku cenderung ke warna biru keunguan. 

Dan bagian tengahnya berwana putih kekuningan. Selain itu bunganya memiliki polong dengan biji yang berbentuk ginjal, pipih. Bunga telang ini dikenal dengan tanaman ajaib. Mengapa demikian? Hal ini karena hampir semua bagian tubuhnya bermnafaat.  Mulai dari akar, batang, daun bunga dan polongnya.

Sudah disebutkan di atas kalau telang ini termasuk tanaman jenis polong-polongan. Yang menjadi ciri khas dari tanaman jenis polong-polongan itu adanya bintil akar yang berguna untuk menyuburkan tanah.

Jadi bintil akar ini memiliki bakteri rhizobium yang memiliki kemampuan mengikat nitrogen bebas dari udara dan melepaskannya ke dalam tanah. Akibatnya tanah akan banyak mengandung nitrogen Karena kemampuannya menyerap nitrogen dari udara, maka tanaman ini banyak digunakan tanaman penutup tanah. 

Hal ini yang menyebabkan tanaman telang ini digunakan untuk menyuburkan tanaman lainnya. Akibatnya bunga telang dikenal dengan bank nitrogen karena kemampuan mengikta nitrogen itu. 

Akar bunga telang mempunyai rasa pahit tapi bisa memberikan efek dingin, pencahar, tonik. Di India dan Filipina bunga telang ini digunakan untuk sayuran. 

Di Filipina yang digunakan untuk sayuran adalah polong muda dari bunga telang. Batang dan daun bunga telang bisa digunakan untuk pakan ternak. Kenapa bunganya berwarna biru keunguan karena mengandung antasionin

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x