Mohon tunggu...
H.Asrul Hoesein
H.Asrul Hoesein Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pemerhati dan Pengamat Regulasi Persampahan | Terus Menyumbang Pemikiran yang Sedikit u/ Tata Kelola Sampah di Indonesia | Green Indonesia Foundation | Jakarta http://asrulhoesein.blogspot.co.id Mobile: +628119772131 WA: +6281287783331

Pemerhati dan Pengamat Regulasi Persampahan | Terus Menyumbang Pemikiran yang sedikit u/ Tata Kelola Sampah di Indonesia | Green Indonesia Foundation | Founder PKPS di Indonesia | Founder Firma AH dan Partner | Jakarta | Pendiri Yayasan Kelola Sampah Indonesia - YAKSINDO | Surabaya. http://asrulhoesein.blogspot.co.id Mobile: +628119772131 WA: +6281287783331

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Berlian Mahkota dan Tongkat Ratu Elizabeth II Digugat Pemiliknya

21 September 2022   02:37 Diperbarui: 21 September 2022   02:45 130 13 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi: Berlian Koh-i-Noor yang menjadi hiasan utama pada mahkota Ratu Elizabeth II. Sumber: METRO.CO.UK by: Kompas

"Sebuah berlian yang dikenal dengan sebutan Great Star of Africa atau Cullinan I tengah memicu perdebatan. Afrika Selatan (Afsel) meminta berlian yang berada di mahkota dan tongkat Ratu Elizabeth II ini dikembalikan. Masyarakat Afsel menagih kembali berlian yang dicuri dari mereka tahun 1905."

Ternyata memang Ratu Elizabeth II ini sangat dikagumi baik keluarganya maupun dunia internasional dan punya kharisma yang luar biasa.

Selamat jalan Ratu Elizabeth II, dunia pasti mengenangmu, dan semoga penerusmu (Raja Charles III) mampu mengikuti jejak langkah, disiplin dan kebijakanmu.

Nyata Ratu Elizabeth II berkharisma, karena baru saja meninggal, jazadnya belum dikebumikan, tapi beberapa negara sudah menggugat barang-barang mewah yang dikuasai Kerajaan Inggris dan diminta kembalikan ke negara asalnya.

Bisa saja Ratu Elizabeth II tidak paham sumber barang berharga tersebut apa legal atau ilegal, karena kejadiannya sebelum diangkat menjadi Ratu Inggris. 

Ini masalahnya bisa rumit, karena baru muncul setelah meninggal. Nah bagaimana Raja Charles III sikapi masalah ini, apa bertahan atau kembalikan berlian itu.

Mungkin karena Raja Charles III diketahui tidak sebersih Ratu Elizabeth II, diduga banyak masalah atau kekurangannya, sehingga negara-negara di bawah bendera Kerajaan Inggris berontak, ada yang ingin keluar dari Inggris dan ada yang menggugat harta-harta berharga yang ada di Inggris.

Tidak segan-segan meminta barang berharga yang selama ini di ambil atau dikuasai Kerajaan Inggris semasa Ratu Elizabeth II berkuasa dan tidak ada yang protes.

Contoh misalnya Afrika Selatan menagih berlian 'curian' Cullinan I atau Bintang Afrika yang bertengger di mahkota dan tongkat Ratu Elizabeth II usai penguasa Inggris itu meninggal pekan lalu.

Cullinan I adalah sebuah permata berlian berukuran besar yang kini berada di Kerajaan Inggris. Berlian ini diklaim milik Afsel setelah didapatkan dari tambang berlian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan