Mohon tunggu...
Hasna Taufiqah
Hasna Taufiqah Mohon Tunggu... KKN Undip Tim 1 2020/2021

Ilmu Gizi 2017

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Belum Normal, Kasus COVID-19 Tembus Angka 1 Juta! Mahasiswa Undip Sosialisasikan Langkah Pencegahan Covid-19 Klaster Keluarga dan Pedoman Gizi Seimbang

28 Januari 2021   16:32 Diperbarui: 28 Januari 2021   18:42 111 2 0 Mohon Tunggu...

Penulis: Hasna Taufiqah Nur Fadhilah - Ilmu Gizi Universitas Diponegoro 2017

Dosen Pembimbing: Dr. Untung Sujianto, S.Kp., M.Kes

Ciputat, Kota Tangerang Selatan (28/1). Sejak 4 Januari - 16 Februari 2021, Universitas Diponegoro memulai kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Pelaksanaan KKN kali ini diadakan di wilayah tempat tinggal masing-masing karena KKN dilaksanakan di tengah masa pandemi COVID-19. Tema yang diusung pada KKN UNDIP TIM I 2021/2021 kali ini adalah Pemberdayaan Masyarakat di tengah Pandemi COVID-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Mahasiswa Undip melaksanakan berbagai program edukasi kepada warga, salah satunya di Komplek Departemen Kesehatan.

Latar belakang sebagian warga Komplek Departemen Kesehatan, terutama usia produktif, adalah masih aktif bekerja di kantor. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko penularan COVID-19 di klaster keluarga. Selain itu, di lingkungan RT 01/RW 011 Komplek Departemen Kesehatan, masih sangat banyak dijumpai anak-anak yang bermain bersama di luar rumah tanpa menerapkan protokol kesehatan yang berlaku sehingga memicu risiko penularan COVID-19.

“Masih banyak anak-anak yang bermain bersama teman-temannya tanpa menggunakan masker atau faceshield dan tidak menjaga jarak. Selain itu, kebanyakan warga yang sudah dewasa juga masih aktif bekerja di kantor sehingga dapat meningkatkan risiko terjadinya penularan covid dalam keluarga,” ujar ketua RW 011 Komplek Departemen Kesehatan, Bapak Ade A Rivai.

Berdasarkan hal tersebut, mahasiswa KKN Undip melaksanakan program KKN berupa “Optimalisasi Peran Orang Tua dalam Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Klaster keluarga” serta “Penyuluhan Pemenuhan Pedoman Gizi Seimbang bagi Keluarga” untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) nomor 2 dan 3, yaitu zero hunger dan good health and well-being. Selain itu, gizi seimbang juga merupakan hal yang dapat bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh di tengah pandemi COVID-19 yang masih menunjukkan tingginya angka kejadian hingga saat ini.

Kegiatan edukasi mengenai pencegahan penyebaran COVID-19 klaster keluarga dan pedoman gizi seimbang dilaksanakan secara door-to-door dan daring melalui grup Whatsapp kepada warga RW 011 Komplek Departemen Kesehatan. Mahasiswa menggunakan alat bantu edukasi berupa booklet, leaflet, dan poster untuk memberikan ilustrasi dan menarik perhatian warga.

Dengan adanya program KKN di wilayah RT 01/RW 011 Komplek Departemen Kesehatan ini, diharapkan dapat memberi manfaat kepada warga untuk lebih paham terkait COVID-19 dan dapat menurunkan risiko penularan COVID-19 di lingkungan RT 01/RW 011 Komplek Departemen Kesehatan.

Dokpri
Dokpri

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x