Mohon tunggu...
Sriyanti HasnaMarwanti
Sriyanti HasnaMarwanti Mohon Tunggu... A dreamer

Seorang pemimpi yang terkadang suka membaca buku non fiksi. Mari berteman lewat diskusi sebuah tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Tentang Pemuda Indonesia, Keberagaman, dan Solusi untuk Indonesia Maju

22 Januari 2021   14:28 Diperbarui: 22 Januari 2021   14:31 96 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tentang Pemuda Indonesia, Keberagaman, dan Solusi untuk Indonesia Maju
sumber foto: futuready.com

Peran pemuda Indonesia dari Aceh hingga Papua dalam perjalanan merebut kemerdekaan turut mewarnai perjalanan bangsa ini. Meskipun mereka tidak berasal dari suku yang sama, tapi punya kesatuan yang sama yaitu visi untuk mengusir penjajah dari ibu pertiwi. Di masa mendatang, keberagaman dan toleransi itu penting untuk dijaga. Kehadiran radikalisme dan kelompok-kelompok intoleran inilah yang menjadi tantangan utama yang harus dihadapi dan dijawab oleh mereka, pemuda Indonesia.

Ya, isu radikalisme saat ini menjadi ancaman. Dengan adanya isu tersebut membuat konflik antar suku menguat hingga populisme agama menjadi ancaman yang serius. Kita sebagai pemuda Indonesia harus mencari jalan keluarnya dengan saling bergandengan tangan. Dimulai dari hal yang paling sederhana misalnya meluruskan berita hoax dengan melakukan riset mendalam untuk menjatuhkan opini yang menyesatkan. Kita perlu membangun sinergi antara pemuda agar menghasilkan atmosfer dan energi positif untuk menjadikan Indonesia lebih baik lagi.

Sementara untuk melawan kelompok radikal pemecah bangsa, para pemuda juga dapat berkolaborasi dengan tokoh pemuda, tokoh masyarakat, dan tokoh lintas agama.

Pemuda Indonesia adalah pemimpin bangsa. Jiwa muda yang menggebu-gebu ini membuat mereka melakukan berbagai eksperimen kreatif namun dengan tujuan memperjuangkan misi baik bersama seperti berupaya mencegah perpecahan bangsa, ikhtiar mulia merawat perdamaian, memberdayakan masyarakat marginal, menentang korupsi atau berkampanye tentang hak-hak kelompok yang tertindas. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh anak-anak muda Indonesia dalam menjembatani tantangan bangsa di masa kini dan mendatang.

Saat ini sudah banyak yang menaruh harapan besar pada pemimpin negeri dan para pemuda. Di masa depan, kita harus mampu memahami nilai-nilai keberagaman, toleransi, dan pentingnya saling menghargai dalam kehidupan bangsa yang beragam ini.

Keberhasilan demokrasi dapat dinilai dari bagaimana sebuah negara melindungi kelompok minoritas, seperti di negara lain. Sehingga nantinya, isu keberagaman dan toleransi bisa terwujud di Indonesia. Jangan salah, jika agenda perdamaian dan toleransi di Indonesia terwujud, maka akan jadi penopang stabilnya peluang dan geliat ekonomi di masyarakat. Apabila semua berjalan dengan baik, maka akan ada keterbukaan peluang ekonomi.

Aliran ekonomi sangat penting. Karena memastikan aliran keahlian, teknologi, dan modal yang dibutuhkan Indonesia dalam menciptakan peluang kerja.

Jika perdamaian dan toleransi terwujud di tengah masyarakat, dijamin pertumbuhan ekonomi, investasi dan peluang pekerjaan pun terbuka lebar. Itulah kenapa isu keberagaman, perdamaian dan toleransi menjadi agenda penting bagi pemuda Indonesia. Menjaga keutuhan dan kemajemukan Indonesia harus menjadi komitmen kita bersama sebagai pemuda bangsa.

Sudah saatnya para generasi muda Indonesia terus merawat dan menjaga kehidupan berbangsa dan bernegara dalam ikhtiar menjaga perdamaian dan toleransi antar suku, agama, kelompok dan golongan di Indonesia.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x