Mohon tunggu...
Hasna Arunika
Hasna Arunika Mohon Tunggu... Lainnya - content writer

Mencoba untuk memulai suatu hal baru di tahun ini

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Siapa Takut! Ayo Jelajahi Potensi Barumu di Usia 30 Tahun!

23 November 2023   21:28 Diperbarui: 23 November 2023   21:35 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
tiga orang dewasa sedang belajar bersama (pexels.com/Christina Morillo)

Menyentuh usia 30 tahun seringkali dianggap sebagai tonggak penting dalam perjalanan hidup. Bagi sebagian orang, ini mungkin terasa seperti melintasi ambang dewasa sejati, sementara bagi yang lain, mungkin saatnya merenung dan mengevaluasi tujuan hidup. Apa pun pandanganmu terhadap usia 30 tahun, itulah yang akan menentukan langkahmu selanjutnya untuk menjalani hidup di usia 30-an.

Namun kamu harus tahu, jika di usia 30 tahun bukanlah batas untuk mencoba hal baru. Sebab, tiap orang punya waktu suksesnya masing-masing, jadi jangan sia-siakan kesempatan yang ada. Cobalah, dan nikmati prosesnya! Beberapa cara di bawah ini bisa kamu terapkan untuk melewati 30-an dengan lebih berwarna!

Menjelajahi Kreativitas dan Bakat Diri

Mungkin selama ini kamu bekerja keras mengejar karier atau menyelesaikan pendidikan formal, namun tidak ada kata terlambat untuk mengeksplorasi sisi kreatifmu. Mungkin kamu memiliki bakat dalam seni, musik, atau menulis yang selama ini belum kamu asah. Cobalah untuk menjelajahi internet dan peajari dunia seni yang ingin kamu coba, misalnya melukis, membuat kerajinan, menulis atau lainnya.

Dengan hadirnya teknologi modern saat ini, waktu dan uang bukan halangan lagi untuk mempelajari hal baru. Kamu bisa jadikan kreatifitasmu sebagai hobi atau bisa juga jadi penghasilan sampinganmu dengan cara menjualnya lewat online atau offline.

Memulai Bisnis atau Proyek Pribadi

Mungkin di antara kamu sudah capek sekali kerja di bawah tekanan orang lain. Kamu pun menyadari jika tidak ada salahnya untuk membangun sebuah proyek pribadi. Tentu hal ini menjadi kesempatan yang tidak boleh dilewatkan. Apalagi, menjadi bos untuk diri sendiri terdengar menarik bukan? Di usia 30 tahun bisa menjadi waktu yang tepat untuk memulainya.

Pelajaran yang telah kamu pelajari selama ini dapat menjadi modal berharga untuk mengelola dan memajukan ide-ide baru. Jangan ragu untuk menggali potensi bisnismu sendiri, mungkin itu adalah saat yang tepat untuk mewujudkan mimpi wirausaha. Tidak usah langsung keluar dari kerjaan utamamu. Kamu bisa memanfaatkan waktu luangmu untuk memulainya.

Menjaga Kesehatan Mental dan Fisik

Meskipun selama ini terlalu sibuk dengan tuntutan hidup, memasuki usia 30 adalah momen yang baik untuk memprioritaskan kesehatan mental dan fisikmu. Mulai menjalani gaya hidup sehat, seperti rutin berolahraga dan mengatur pola makan, dapat memberikan dampak positif jangka panjang pada kesehatanmu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun