Mohon tunggu...
Hasna AsniandiniHidayat
Hasna AsniandiniHidayat Mohon Tunggu... HI.

HI.

Selanjutnya

Tutup

Travel

Goa Bumi Ayu

20 Mei 2019   20:27 Diperbarui: 20 Mei 2019   20:51 0 2 0 Mohon Tunggu...

Menelusuri Goa bisa menjadi salah satu destinasi wisata para pecinta alam yaitu Wisata Goa Buniayu Sukabumi. Goa Buniayu, merupakan salah satu destinasi goa yang direkomendasikan oleh Kementerian Pariwisata sebagai top 15 destinasi wisata petualangan. Dikategorikan menantang dan menguras adrenalin para wisatawan yang datang ke obyek tersebut. Sebelum pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang disajikan, wisatawan harus melalui perjalanan yang cukup menantang.

Terdapat dua cara untuk melakukan penelusuran ke dalam Goa Buniayu ini. Pertama, penelusuran goaminat umum (Goa Angin-penelusuran horizontal). Disini anda akan dihadapi dengan medan yang tidak terlalu sulit. Anda juga hanya perlu menggunakan sepatu boot dan di dalam anda akan dimanjakan dengan pemandangan stalaktit dan stalakmit yang indah dan mempesona. Selanjutnya yang kedua adalah penelusuran goaminat khusus/dalam (Goa Kerek-penelusuran vertikal-horizontal). Bagi anda yang menyukain tantangan, anda perlu mencoba penelusuran Goa Kerek ini. Anda akan mulai menuruni goa dan menelusuri goa selama 4 jam dengan perjalanan yang bervariatif, mulai dari jalan yang berbatu, berlumpur, serta melawati sungai di dalam goa. Berhati-hatilah saat melakukan penelusuran karena banyak jalan licin dan terjal yang cukup rawan.

Bagi anda yang ingin menginap, di kawasan ini terdapat tempat penginapan seperti saung dan aula. Harga homestay yang ditawarkan cukup bervariatif, mulai dari Rp 150.000 sampai Rp 600.000/malam dengan kapasitan 3-12 orang. Di lokasi ini juga anda dapat mendirikan tenda agar lebih mendapatkan kesan alaminya. Selain itu terdapat pula fasilitas outbond yang dapat anda gunakan. Untuk makanan, anda tidak perlu khawatir karena di lokasi ini juga tersedia warung makan. Fasilitas lain seperti toilet umum dan keran air bersih juga tersedia di sini.

Persiapkan kondisi fisik dan kesehatan anda, dan gunakan headlamp untuk membantu penerangan di dalam goa, bawalah peralatan P3K minimal hansaplast, untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin bisa saja terjadi sewaktu melakukan penelusuran di dalam goa. Patuhilah perintah tour guide anda. Usahakan untuk tidak menyentuh ornamen di dalam goa, seperti stakmit dan stalaktit. Hal tersebut dikarenakan kondisi ornamen yang sangat sensitif. Jagalah kelestarian Goa Buniayu dengan tidak merusak ornamen yang ada di dalamnya. Untuk penelusuran goaminat khusus, gunakanlah pakaian wearpark yang nyaman atau saat fitting pilihlah pakaian yang agak longgar agar memudahkan dalam bergerak, tetapkan jadwal yang sesuai dan usahakan tidak datang pada musim hujan.