Mohon tunggu...
Hasan Kusumonegoro
Hasan Kusumonegoro Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Halo saya dari 96

halo

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Hutan Mangrove di Surabaya: Keajaiban Ekosistem Pesisir

22 November 2023   14:34 Diperbarui: 22 November 2023   14:38 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia, terkenal dengan kehidupan perkotaannya yang sibuk dan industri yang berkembang pesat. Namun, di tengah gemerlapnya kota ini, terdapat sebuah keajaiban alam yang tak boleh dilewatkan, yaitu Hutan Mangrove Surabaya.

Hutan Mangrove Surabaya terletak di pesisir utara kota, membentang sepanjang 12 kilometer dari Muara Kalimas hingga Muara Rungkut. Hutan ini merupakan salah satu hutan mangrove terbesar di Indonesia dan menjadi tempat tinggal bagi berbagai spesies tumbuhan dan hewan yang langka dan dilindungi.

Mangrove adalah tumbuhan yang tumbuh di wilayah pesisir yang tergenang air asin. Tumbuhan ini memiliki akar yang kuat dan beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang keras, seperti pasang surut air laut, gelombang, dan kadar garam yang tinggi. Akar-akar mangrove membentuk jaringan yang kompleks, yang berfungsi sebagai penahan erosi dan perlindungan bagi ekosistem pesisir.

Hutan Mangrove Surabaya memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem pesisir. Akar-akar mangrove berfungsi sebagai penahan abrasi pantai, mencegah erosi dan kerusakan yang disebabkan oleh gelombang laut. Selain itu, hutan mangrove juga berperan dalam menyaring air, mengurangi polusi, dan menjaga kualitas air di sekitarnya.

Keberadaan Hutan Mangrove Surabaya juga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat. Hutan ini menjadi tempat penangkapan ikan yang melimpah, sehingga mendukung mata pencaharian nelayan lokal. Selain itu, hutan mangrove juga menjadi daya tarik wisata alam yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dalam menjaga keberlanjutan Hutan Mangrove Surabaya, pemerintah dan berbagai organisasi lingkungan telah melakukan berbagai upaya konservasi. Program penanaman mangrove telah dilakukan secara massal untuk memperluas luas hutan mangrove dan memperkuat ekosistem pesisir. Selain itu, edukasi dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga hutan mangrove juga terus ditingkatkan.

Namun, meskipun upaya konservasi telah dilakukan, Hutan Mangrove Surabaya masih menghadapi tantangan yang serius. Perkembangan industri dan urbanisasi yang pesat di sekitar hutan mangrove mengancam kelestariannya. Penebangan liar, pencemaran air, dan kerusakan habitat menjadi ancaman nyata bagi ekosistem yang rapuh ini.

Untuk itu, penting bagi kita semua untuk menjaga dan melestarikan Hutan Mangrove Surabaya. Dukungan dari pemerintah, masyarakat, dan berbagai pihak terkait sangat diperlukan dalam menjaga keberlanjutan ekosistem pesisir ini. Melalui upaya konservasi yang berkelanjutan, kita dapat memastikan bahwa keajaiban alam ini akan tetap ada untuk dinikmati oleh generasi mendatang.

Hutan Mangrove Surabaya adalah bukti nyata betapa pentingnya menjaga keanekaragaman hayati dan keberlanjutan ekosistem pesisir. Mari kita semua berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan keajaiban alam ini, untuk kebaikan kita dan masa depan bumi kita.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun