Mohon tunggu...
Hasan Ibnu Sani
Hasan Ibnu Sani Mohon Tunggu... Kebumen rt 04 rw 03

Kebumen

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Kepraktisan Panduan Praktikum IPA Sederhana Sekolah SD Berorientasi Lingkungan Sekitar

20 April 2021   14:04 Diperbarui: 20 April 2021   14:12 39 0 0 Mohon Tunggu...

Nama: Hasan Ibnu Sani
Dari: Universitas Muhammadiyah Purworejo

KEPRAKTISAN PANDUAN PRAKTIKUM IPA SEDERHANA SEKOLAH SD BERORIENTASI LINGKUNGAN SEKITAR

Apa itu yang dimaksud dengan Kepraktisan Panduan Praktikum? Kepraktisan Panduan Praktikum ini adalah subjek dalam penelitian dan kepraktisan dari panduan praktikum yang dirancang sebagai obyek penelitian. Pada penggunaan panduan ini bertujuan untuk mempermudah siswa untuk melakukan praktikum dan siswa diberikan angket untuk melihat tanggapan siswa  dalam penggunaan panduan praktikum ini. Kepraktisan penelitian praktikum ipa sederhana ini digunakan guna untuk mengetahui tingkat keterpakaian produk yang dikembangkan dalam hal ini panduan praktikum ipa sederhana SD berorientasikan lingkungan sekitar, dengan bigitu siswa bisa lebih mudah dalam melakukan penelitian.

Keberhasilan pembelajaran praktikum ini dapat dilihat dari pendekatan kepada lingkungan dan pemahaman yang dilakukan siswa terhadap panduan praktikum, dimana siswa harus dapat menciptakan suasana pembelajaran praktikum dengan rasa nyaman dan menyenangkan. Sebelum melakukan praktikum, seorang guru harus bisa terlebih dahulu melakukan penelitian itu atau setidaknya membaca panduan praktikum dan melakukan praktikum dilingkungan sekitar dan menyampaikan hasil apa yang sudah dilakukan kepada siswa-siswa supaya siswa ada gambaran untuk melakukan praktikum. Praktikum dalam pembelajaran IPA sangat penting dilakukan karena siswa sendiri dapat menemukan maupun membuktikan teori-teori ipa yang dipelajari memlalui proses penyelidikan secara langsung dilaboratorium maupun lingkungan sekitar.

Pengumpulan data kepraktisan dan panduan praktikum yang telah dirancang dengan menggunakan teknik nontes. Pada saat pengumpulan data kita juga memperhatikan alat danbahan untuk praktikum supaya kegiatan praktikum bisa berjalan lancar. Pada praktikum IPA ini membuat siswa tidak bosan dengan adanya pembelajaran yang hanya didalam kelas dengan tidak adanya tindakan untuk melakukan praktik, dengan adanya praktikum ipa ini siswa bisa lebih semangat dalam melakukan pembelajaran dan tidak merasa bosan berada didalam kelas terus.

Penelitian ini ditulis oleh N.W.S. Darmayanti, I.K. Wisnu Budi Wijaya dan N.P.A.H. Sanjayati yang menghasilkan "KEPRAKTISAN PANDUAN PRAKTIKUM IPA SEDERHANA SEKOLAH SDBERORIENTASI LINGKUNGAN SEKOLAH" ini diperoleh dari hasil pengisian angket siswa. Hasil kepraktisan panduan IPA ini juga dilengkapi dengan masukan dan komentar para siswa. Pada pembuktian kepraktisan panduan ini dilakukan dari 35 orang siswa dengan kriteria sangat praktis 3 orang , cukup 2 orang, dan praktis 30 orang. Sehingga penggunaan panduan praktikum IPA ini harus lebih di tingkatkan dan harus digunakan saat mau melakukan praktikum.

VIDEO PILIHAN