Mohon tunggu...
IIM MUHAMMADHASANUDIN
IIM MUHAMMADHASANUDIN Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Nama : Iim muhammad hasanudin TTL : kuningan,24 april 2001 alamat : Rt.02 Rw.05 link.cibumur kel.winduhaji kec.kuningan kab.kuningan profil : mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D)

28 Oktober 2021   11:09 Diperbarui: 28 Oktober 2021   11:19 159 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dok penerbit Alfabeta

RESENSI BUKU

Judul Buku      : Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D

Pengarang       : Prof. Dr. Sugiyono

Penerbit           : ALFABETA, Cv. Jl. Gegerkalong Hilir No.84 Bandung

Tahun Penerbit : 2010

  • Sinopsis

Buku ini terdiri dari lima bagian yang di pecahkan kembali dalam 16 bagian prof. Dr. sugiyono mengungkapkan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi, maka setiap upaya meningkatkan kualitas tersebut perlu di lakukan penelitian. Supaya penelitian dapat menghasilkan informasi yang akurat, maka perlu menggunakan metode yang tepat. Metode penelitian secara umum dapat di klasifikasikan menjadi tiga, yaitu :

  • Metode kuantitatif, disebut sebagai metode tradisional, positivistic, scientific, confirmatory.
  • Metode kualitatif disebut sebagai metode baru, postpositivic, discovery, interpretative.
  • Metode penelitian dan pengembangan (R & D) yaitu penelitian yang bermaksud menghasilkan produk tertentu dan sekaligus menguji keefektifan produk tersebut.

Dalam pengantar buku ini mengatakan bahwasanya Indonesia sudah lebih dari 60 tahun merdeka. Tetapi belum memiliki kualitas sumber daya yang memadai. Hal ini antara lain di sebabkan oleh karena kualitas penyelenggaraan dan hasil pendidikan  dari berbagai jalur, jenjang dan jenis pendidikan belum memadai. Rendahnya kualitas penyelanggaraan dan hasil pendidikan ini antara lain disebebkan oleh karena pembuatan kebijakan, penembangan kurikulum dan pembelajaran yang akan digunakan, pengadaam dan pengembangan tenaga kependidikan, sistem pengajian, system evaluasi, dan pengadaan sarana dan prasarana tidak di dasarkan dari hasil penelitian yang memadai.

Berdasarkan hal tersebut, dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan pada gradasi yang tinggi maka setiap upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan perlu di lakukan melalui penelitian. Supaya penelitian mendapatkan hasil yang akurat maka perlu menggunakan metode penelitian yang tepat. Metode penelitian secara umum dapat di klasifikasikan menjadi tiga yaitu metode kuantitatif dan kualitatif  dan metode R & D (research and development) oleh karena itu dalam buku ini di kemukakan tiga penelitian metode tersebut yang dapat di terapakan untuk meneliti dalam bidang pendidikan.

  • Kelebihan buku

dalam buku ini Dr. Sugiyono menjelaskan secara lengkap hal -- hal yang berkaitan dengan metode pendidikan mulai dari penelitian metode kuantitatif yang dalam kata lain dinamakan dengan metode tradisional atau juga dapat "di artikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivesme, yang di gunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu" bukan hanya itu beliau juga menjelaskan tentang metode kuliatatif atau dengan kata lain metode baru."

Metode kualitatif ialah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, yang di gunakan umtuk meneliti objek alamiah, sebagai lawannya adalah eksperimen dimana peneliti adalah instrument kunci dan hasil dari penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi" dari dua kutipan di atas sudah saangat jelas buku ini sangat cocok digunakan untuk mahasiswa yang sedang menyusun skripsi ataupun pasca sarjana yang sedang menyelesaikan tesisnya ataupun tenaga pendidik lainya, buku ini ini juga dapat dipakai oleh kalangan umum sebagai pedoman penelitian. Bukan hanya metode penelitian saja buku ini juga mengandung contoh analisa data dan pengujian hipotesis serta memaparkan statiska dalam pembuatan proposal yang bersifat kualitatif dan kuantitatif.

  • Kekurangan buku

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan