Ekonomi

Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Anda Menjadi Pebisnis

12 September 2017   17:36 Diperbarui: 12 September 2017   18:02 628 0 0

Menjadi pebisnis tentunya adalah salah satu langkah karir yang diinginkan banyak orang, selain menjadi karyawan. Saat ini banyak sekali orang dari berbagai kalangan usia maupun pendidikan yang mencoba peruntungannya dengan menjadi pebisnis. Tidak masalah jika anda memang berniat menjadi pebisnis, tapi yang masalah adalah jika anda menjadi pebisnis hanya karena ikut-ikutan teman saja. Hal inilah yang ditentang oleh Djohan Darmady, seorang pebisnis sukses di Indonesia sekaligus owner PT. Greenlm Aftech yang merupakan perusahaan LED terbesar di Indonesia. Menurutnya menjadi pebisnis tidaklah sulit, tapi juga bukan berarti asal-asalan.

Djohan Darmady sebagai pebisnis yang telah sukses, ingin membagikan sarannya kepada anda yang ingin mencoba menjadi pebisnis sukses seperti beliau. Berikut sarannya :

  • Pebisnis Harus Mengerti Manajemen Keuangan

Jika anda selama ini menganggap bahwa pebisnis bisa memerintah orang lain termasuk untuk mengatur keuangan, maka anda kurang tepat. Seorang pebisnis juga harus memiliki wawasan terkait manajemen keuangan meskipun secara sederhana. Hal ini penting karena sebagai owner dari sebuah perusahaan anda lah yang memegang tongkat komando perusahaan. Jika anda tidak mengerti keuangan, maka anda bisa salah dalam menggunakan income perusahaan anda untuk keperluan pribadi anda.

  • Jangan Banyak Gaya

Penyakit pebisnis pemula adalah ketika ia baru mendapat omset yang lumayan besar maka ia langsung berfoya-foya untuk berbelanja dan jalan-jalan. Menurut Djohan Darmady, hal ini sebaiknya anda hindari di awal anda berbisnis. Karena dalam berbisnis, hari ini anda untung miliaran, bisa jadi besok anda rugi miliaran juga. Oleh karena itu sebaiknya anda gunakan kelebihan pendapatan bisnis anda untuk memutar keuangan perusahaan, atau untuk investasi ilmu seperti ikut seminar dan bertemu pebisnis sukses lainnya.

  • Bisnis Untuk Membantu Orang

Seorang pebisnis memang harus berorientasi terhadap uang atau profit. Namun menurut Djohan Darmady, hal yang lebih penting bagi pebisnis adalah bahwa bisnis harus bisa membantu orang lain. Anda bisa membantu konsumen anda melalui produk yang anda jual. Sebagai pebisnis anda juga turut memberikan rezeki kepada karyawan anda. Jika anda memiliki tujuan untuk membantu orang lain, maka profit perusahaan anda akan mengikuti dengan mudah.

Itulah beberapa saran yang diberikan oleh Djohan Darmady, salah satu pebisnis sukses di Indonesia, jika anda ingin menjadi pebisnis sukses seperti beliau.