Mohon tunggu...
Hartono
Hartono Mohon Tunggu... Seorang yang suka sekali menulis

"Kurang Cerdas Dapat Diperbaiki Dengan Belajar. Kurang Cakap Dapat Dihilangkan Dengan Pengalaman. Namun Tidak Jujur Itu Sulit Diperbaiki." (Moh. Hatta)

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Memiliki Tujuan yang Jelas (Part I)

2 Mei 2019   16:55 Diperbarui: 8 Mei 2019   09:02 0 1 0 Mohon Tunggu...
Memiliki Tujuan yang Jelas (Part I)
http://www.maitreyavoice.com/dream-book/

Tulisan ini merupakan bagian dari tulisan saya sebelumnya yang bertajuk "Siswa-Siswi Juga Bisa Menjadi Enterpreneur" khusus untuk menjawab pertanyaan yang pernah disampaikan kepada saya pada suatu kesempatan berdiskusi dengan siswa-siswi SMA/SMK di Kota Samarinda.

Memiliki tujuan yang jelas tidak hanya berlaku pada saat kita ingin memulai suatu usaha, tetapi hal ini sangat penting di dalam kehidupan kita untuk setiap aspek yang akan kita kerjakan. Begitupula dengan siswa-siswi yang masih duduk di sekolah pun pasti memiliki tujuan setelah lulus nanti akan melanjutkan kuliah atau mencari suatu pekerjaan ataupun ingin memiliki usaha sendiri. Dengan adanya tujuan yang jelas akan membuat kita benar-benar termotivasi untuk melakukan suatu tindakan. Berbeda dengan kita hanya mempunyai suatu keinginan, bisa saja kita tidak terlalu bersemangat dan akhirnya apa yang kita harapkan kandas di tengah jalan.

Dahulu pada jaman kuliah saya banyak terinspirasi dengan buku-buku Robert T Kiyosaki yang mengajarkan passive income. Saya tidak akan membahas pada kesempatan ini. Sejak saya membaca buku tersebut, saya tertarik untuk membuat sebuah Dream Book. Saya membuatnya dari kertas-kertas bekas HVS untuk membuat paper tugas kuliah yang bagian sisi belakangnya kebanyakan masih kosong. Kemudian saya jilid sekitar 30 lembar yang dimana saya memuat gambar-gambar semua yang ingin saya capai. Ada sebuah rumah dengan kolam renang, ada sebuah sepeda motor Sport, ada sebuah mobil Honda Accord, yang terpenting dalam Dream Book yang saya buat adalah kalimat "Saya Harus Mempunyai Passive Income pada usia 40 tahun."

Saya baru mengetahui apa yang saya buat tersebut Dream Book adalah sebuah Goal Setting. Secara sederhananya dapat saya jelaskan bahwa goal setting adalah proses kita dimana menetapkan sebuah sasaran atau tujuan di dalam kehidupan kita. Ini berlaku kepada siapapun sebagai manusia termasuk anak yang masih bersekolah.

Memiliki tujuan yang jelas dapat terekam dengan jelas dengan membuat sebuah goal setting. Dari hal itu kita setiap saat dapat melihat perkembangan yang telah kita lakukan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Ada beberapa tahapan yang harus kita lakukan dalam membuat sebuah goal setting agar tujuan kita menjadi jelas. Dalam tulisan ini saya tujukan kepada siswa-siswi sekolah dan juga kepada mereka yang benar-benar ingin memulai suatu usaha.

1. Dream (Mimpi)

Setiap dari kita pasti memiliki mimpi dalam melakukan suatu usaha. Nidji sebuah band Indonesia pernah menuliskan lirik "mimpi adalah kunci untuk kita menaklukan dunia" (Lagu Soundtrack Film Laskar Pelangi). Mimpi yang saya maksud bukanlah mimpi di malam hari namun mimpi disini adalah impian dan cita-cita yang hendak kita capai. Banyak cerita orang-orang yang sukses yang berawal dari impian mereka sejak mereka duduk sekolah. Siapa yang tidak kenal Walt Disney pencipta Miki Tikus (Mickey Mouse) dan sederatan film-film kartun terkenal yang pernah kita tonton. beliau pernah mengatakan "Semua mimpi kita dapat terwujud jika kita berani untuk mewujudkannya."

Sekarang apa yang menjadi impian dan cita-cita kita saat ingin menjadi seorang enterprenuer yang masih mengenyam pendidikan di sekolah. 

  • Saya ingin meringankan beban orang tua untuk membayar uang SPP;
  • Saya ingin setelah lulus sekolah tidak perlu bekerja karena sudah memiliki usaha dan penghasilan sendiri;
  • Saya ingin membanggakan kedua orang tua saya;
  • Saya ingin adik-adik saya dapat sekolah lebih tinggi dari saya, dan lainnya.

2. Apa, Kapan, Bagaimana dan Dimana

Setelah kita memahami apa yang menjadi mimpi kita, tentukan sasaran dengan menjawab pertanyaan

  • Apa yang harus saya lakukan
  • Kapan saya akan melakukannya
  • Bagaimana saya dapat melakukannya
  • Dimana saya dapat melakukannya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3