Mohon tunggu...
Angiola Harry
Angiola Harry Mohon Tunggu... Freelancer - Common Profile

Seorang jurnalis biasa

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Memahami Dasar-dasar Copywriting

29 Agustus 2017   11:35 Diperbarui: 30 Agustus 2017   07:20 5649
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ada satu pertanyaan yang kerap ditemui dalam dunia tulis menulis, "Copywriting itu apa?". Ada yang secara awam menganggap copywriting itu, ya menulis berita. Padahal faktanya, sangat jauh dari anggapan tersebut. Artikel ini akan berbagi sedikit tentang copywriting secara mendasar, berdasarkan pengalaman tiga tahun bekerja menekuninya.

Mungkin akan lebih mudah dipahami bila begini; copywriting merupakan menulis yang setidaknya berdasarkan kerangka AIDA (attractive, interest, desire, action) dan lebih cocok untuk memaparkan sebuah produk atau karya cipta. Dan langsung saja, mari lihat artikel di bawah ini :

1. Attractive

"Bukan hal yang hebat bila ada anak remaja atau anak kecil bisa melakukan salto ke belakang atau backhand spring (salto ke belakang dengan tangan) dengan lancar. Namun akan luar biasa bila yang melakukan adalah orang yang sudah berusia 47 tahun."

2. Interest

"Seperti yang dilakukan Johny Cage. Di sela waktu luangnya berolahraga, Cage sering melakukan atraksi salto atau spring seperti pesenam. Cage, yang belum pernah melakukan salto ke belakang maupun backhand spring sebelumnya, bahkan hanya membutuhkan waktu tiga hari saja untuk bisa melakukannya. Sehingga dia berkesimpulan, usia bukanlah hal yang membatasi tubuh melakukan senam tingkat tinggi."

3. Desire

"Kesimpulan Cage tidak salah. Berdasarkan American College of Sport Medicine, otot manusia memiliki toleransi yang cukup tinggi dalam melakukan gerakan olahraga, namun harus dengan proses yang benar, pemanasan yang cukup, dan asupan makanan yang baik. Selain pemanasan, proses olahraga yang benar, dan asupan yang bergizi, juga harus didampingi pelatih yang berpengalaman. Cage memilih berlatih di Klub Olahraga XXX yang berlokasi di Jl ABC, Jakarta."

4. Action

"Klub Olahraga XXX selain memliki pelatih yang berpengalaman serta fasilitas yang sangat mendukung, juga memberikan potongan harga spesial, selama jelang lebaran. Cage adalah salah satu dari banyak peserta di Klub Olahraga XXX yang berhasil melakukan senam tingkat tinggi. Maka segeralah daftar ke Klub Olahraga XXX."

Di paragraf awal, diupayakan bawa tulisan ke sesuatu yang membuat orang menjadi penasaran. Inilah yang dimaksud dengan menulis kalimat atraktif, atau kalimat yang setidaknya membuat orang terus ingin membaca kelanjutannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun