Mohon tunggu...
Harry Dethan
Harry Dethan Mohon Tunggu... Menulis untuk berbagi.

Menulis untuk berbagi. Email: harrydethan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Mudikcerdik Artikel Utama

Pentingnya Menjaga Kesehatan dan Keselamatan Pengendara Motor Jarak Jauh

7 Juni 2019   09:56 Diperbarui: 7 Juni 2019   14:08 273 8 6 Mohon Tunggu...



 

Setiap kali merayakan hari raya dan libur panjang, mudik atau pulang kampung sudah menjadi kebiasaan yang tak bisa dilepaskan dari masyarakat Indonesia. Semua orang akan berbondong-bondong pulang ke kampung halaman masing-masing untuk bertemu dan melepas rindu bersama orang-orang yang dikasihi.

Jika masa liburan akan segera berakhir, tentunya semua orang akan kembali bertolak ke tempat tugas masing-masing. Hal tersebut sering diistilahkan dengan kata arus balik.

Dalam menjalankan mudik maupun arus balik, orang-orang pastinya akan menempuh perjalanan dengan jarak yang cukup jauh. Banyak mode tranportasi yang bisa digunakan untuk melaksanakan mudik dan arus balik yang jaraknya jauh tersebut.

Masyarakat bisa menggunakan pesawat, kapal laut, kereta api, bus, mobil pribadi, hingga menggunakan sepeda motor. Sebenarnya, untuk sepeda motor, sangat tidak dianjurkan. Hal ini dikarenakan jarak yang sangat jauh, belum lagi kondisi alam, hingga pertimbangan fisik menjadi faktor yang bisa saja merugikan pengguna mode kendaraan ini.

Berdasarkan data kecelakaan dari Korps Lalu Lintas Polri, tahun ini angka kecelakaan saat mudik turun dari tahun sebelumnya sebesar 60%. Begitupun angka kematian yang juga turun sebesar 59%. Data ini tentunya dapat berubah sewaktu-waktu disesuaikan dengan kondisi yang terjadi di lapangan.

Dikatakan juga bahwa meski mengalami penurunan angka kecelakaan, akan tetapi sepeda motor masih menjadi penyebab pertama kecelakaan saat mudik pada tahun ini, yakni sebesar 65%. Hal tersebut tentunya masih menjadi signal agar para pemudik yang bisa menggunakan mode angkutan lain, alangkah baiknya dapat menggunakannya.

Namun, tidak ada larangan jika masyarakat lebih memilih untuk menggunakan sepeda motor saat akan melaksanakan arus balik. Tak hanya untuk arus balik, saat akan bepergian kemanapun dengan jarak yang jauh, keselamatan perlu untuk selalu diperhatikan.

Diprediksi bahwa puncak arus balik akan terjadi dalam beberapa hari ini hingga hari minggu nanti. Dan khusus untuk pengguna mode transportasi sepeda motor, perlu memperhatikan faktor-faktor yang dapat berpengaruh pada keselamatan, agar dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat bepergian jauh menggunakan sepeda motor adalah faktor kendaraan, faktor alam dan juga faktor manusia itu sendiri. Tiga faktor ini sangat penting untuk diperhatikan agar dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x