Mohon tunggu...
Harry Dethan
Harry Dethan Mohon Tunggu... Menulis untuk bercerita.

Menulis untuk bercerita. Email: harrydethan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Pentingnya Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba

6 Juni 2019   20:40 Diperbarui: 9 Juni 2019   19:36 0 10 3 Mohon Tunggu...
Pentingnya Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba
Ilustrasi sakit di musim pancaroba (Sumber: www.evaidya.com)

Siapapun tidak ingin mengalami sakit. Jika diartikan, penyakit merupakan kondisi abnormal dari tubuh dan pikiran sebagai akibat dari proses fisik dan patofisiologis yang sedang berlangsung. Jika dilihat dari segi patofisiologis, akan diketahui mengenai asal mula penyakit, perjalanan penyakit hingga akibat dari suatu penyakit pada manusia.

Berdasarkan asal mula terjadinya suatu penyakit, belakangan ini bisa dikatakan bahwa kita sedang berada dalam masa pancaroba. Masa pancaroba merupakan masa peralihan dari satu musim ke musim yang lainnya. Contohnya adalah peralihan dari musim hujan ke musim panas ataupun peralihan dari musim panas ke musim hujan.

Masa pancaroba biasanya ditandai dengan angin yang kencang hingga perubahan suhu. Salah satu daerah yang sedang mengalami angin kencang adalah daerah Nusa Tenggara Timur. Kondisi ini juga dialami, bahkan bisa saja hal yang lebih parah juga terjadi di wilayah lain Indonesia.

Forecaster BMKG mengunkapkan bahwa kondisi angin kencang di NTT berpotensi terjadi hingga bulan Agusutus mendatang. Berdasarkan hasil pengukuran, kecepatan angin yang terukur berkisar antara 15 sampai 25 knots. Dengan kecepatan angin seperti demikian, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai seperti gelombang laut yang cukup tinggi hingga dahan pohon besar yang mudah jatuh dan lain sebagainya.

Selain keselamatan diri seperti yang dijelaskan di atas, perlu diketahui bahwa masa pancaroba dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit. Penyakit dapat dialami pada masa ini jika kondisi tubuh dan kesehatan tidak diperhatikan dengan baik.

Penyakit yang dapat diderita pada masa pancaroba antara lain seperti sakit kepala, flu atau pilek, hingga asma. Sakit kepala yang diderita dipicu oleh suhu udara yang turun secara tiba-tiba sehingga dapat mengakibatkan migrain. Selain suhu udara yang rendah, cuaca yang terlalu panas juga dapat memicu terjadinya sakit kepala.

Flu atau pilek merupakan gangguan kesehatan yang juga sering dialami. Penurunan suhu yang terjadi dapat membuat virus penyebab flu dapat berkembang biak dengan cepat. Hal ini dapat diperparah jika terjadi penurunan sistem imun pada tubuh seseorang. Virus akan sangat mudah menginfeksi tubuh dan menyebabkan flu atau pilek.

Khusus untuk asma, penyakit ini perlu diperhatikan secara khusus. Serangan asma dapat terjadi karena saluran udara pada tubuh mengalami peradangan. 

Saluran udara atau pernapasan akan bereaksi terhadap udara dingin sehingga menyebabkan peradangan tersebut. Angin yang kencang pada masa pancaroba juga dapat memperparah kondisi asma.

Dalam melewati masa pancaroba, diperlukan upaya untuk menjaga tubuh tetap sehat. Untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat, perlu dilakukan beberapa tindakan seperti menggunakan alat pelindung diri, menerapkan pola hidup sehat seperti makan makanan yang bergizi, olahraga yang rutin serta istirahat yang cukup.

Alat pelindung diri yang dapat digunakan saat musim pancaroba seperti jaket dan masker. Jaket dapat menjaga tubuh dari cuaca yang panas maupun dingin. Jenis jaketnya dapat disesuaikan dengan suhu udara. Hal ini diterapkan agar suhu dan kondisi tubuh dapat terlindungi dari angin yang ada. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x