Mohon tunggu...
Harry budi purwanto
Harry budi purwanto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa - Mercu Buana

43221010091- Dosen Pengampu : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak - Akuntansi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

A-301 Kuis 1: Keterkaitan Teknologi dalam Sistem Informasi Akuntansi dan Menurut Pemikiran Mahatma Gandhi

6 April 2023   21:56 Diperbarui: 6 April 2023   21:58 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Dosen Penganpu : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak

Nama : Harry Budi Purwanto

Nim : 43221010091

Kampus : Universitas Mercu Buana

Seorang tokoh terkenal dari india yaitu Mohandas Karamchand Gandhi atau yang biasa kita sebut Mahatma Gandhi dia adalah salah satu tokoh yang terkenal di dunia. Perjuangan seumur hidupnya di India dan Afrika Selatan menginspirasinya untuk menjadi pejuang kemanusiaan dalam "Gerakan Non-Kekerasan". Mohandas karamchand Gandhi, seorang pria yang meninggal ratusan tahun lalu, masih memiliki warisan menarik yang dipelajari oleh generasi sekarang dan  mendatang. Gagasan Mahatma Gandhi tentang sifat manusia sangat mendalam dan utopis, dan karena itu gagasannya tetap menarik untuk dipelajari oleh para praktisi dan pengamat nir-kekerasan yang bersemangat. Setiap  langkah perjuangan Gandhi  menekankan pentingnya menghargai kemanusiaan, karena melalui cinta kasih manusia dapat tumbuh dan memupuk persatuan di seluruh dunia. Kemampuan untuk mencintai memungkinkan orang untuk berubah dan bergerak menuju sesuatu yang lebih baik dan lebih utuh.

Mahatma Gandhi atau Mohandas Karamchand Gandhi. Ia lahir pada 2 Oktober 1869 di kota Porbandar, India dan meninggal pada 30 Januari 1948 di New Delhi, India. Mahatma gandhi adalah seorang pemimpin kemerdekaan India dan dikenal sebagai "Bapak Bangsa India". Mahatma Gandhi adalah sebuah kunci dalam gerakan kemerdekaan India dari Inggris Raya yang berjuang dengan cara damai dan tanpa kekerasan. Gandhi lahir dari keluarga  pedagang Vaishya yang kaya. Gandhi menyelesaikan masa sekolahnya di Inggris sebelum kembali ke India pada tahun 1915. Pada saat itu Mahatma gandhi melakukan konsep tentang perlawanan tanpa kekerasan dengan menggunakan kekuatan kebenaran. Pada konsep ini artinya perjuangannya tidak dilakukan dengan kekerasan tetapi dengan cara damai.


Dalam kehidupan mahatma gandhi, kondisi lingkungannya cukup mendukung dan sangat baik.pendapatnya tentang melawan tanpa kekerasa adalah suatu pemikiran yang muncul pada mahatma gandhi. Mahatma gandhi mempunyai sebuah pemikiran yang mulia dan ingin menyebarkannya kepada dunia. Dia mempunyai ide dari mimpinya bahwa kunci hidupnya adalah pendalaman agama, agama tentang cinta dan perdamaian. Mulai dari situlah perjalanan hidup mahatma gandhi

Salah satu paham yang dilakukan mahatma gandhi adalah paham humanisme. Setiap hal yang dilakukan mahatma gandi dalam perlawanannya menggunakan paham humanisme yang bertujuan membenarkan sesuatu dari hal yang menyimpang atau dianggap salah. Gagasan lain yang digunakan mahatma gandhi adalah sebuah gagasan atau ide yang bernama satyagraha dan ahimsa. Gagasan ini digunakan oleh mahatma gandhi dalam menjelaskan apa itu perjuangan. Satyagraha adalah sebuah tujuan, dan ahimsa adalah sebuah jalan.praktik perlawanan tanpa kekerasan dengan jalan damai adalah sebuah simbol untuk mahatma gandhi untuk umat manusia sebagai makhluk ciptaa tuhan yang paling mulia yang harus diperlakukan secara baik tanpa kekerasan

Beberapa kampanye besar dalam melawan pemerintah inggis yang dipimpin oleh mahatma gandhi seperti Gerakan Non-Kerjasama pada tahun 1920 dan Gerakan Dundee pada tahun 1930. Pada kampanye ini semua pengikut mahatma gandhi termasuk dirinya sendiri menolak membayar pajak garam dari pemerintah inggris dan memproduksi garam dibumi dengan cara tradisional. Pada gerakan ini membuat menarik perhartian dunia internasional dan mendapat dukungan dari masyarakat india. Selain dianggap seorang pejuang untuk kemerdekaan india, dia juga dianggap sebagai seorang spiritual yang agamanya kuat. Hal ini sangat mendukung prinsip-prinsipnya, kebebasan tanpa kekerasan yang sangat mempengaruhi manusia diseluruh dunia ini.

Mahatma gandhi memenangkan penghargaan nobel perdamaian tahun 1948, dia dikenal dengan nama mahatma yang artinya jiwa yang agung. Pada 30 januari 1948 dia dibunuh oleh seseorang dari india yang tidak suka dengan prinsip-prinsip mahatma gandhi dan menentang pemikiranya. Walaupun saat itu mahatma gandhi meninggal tetapi efek dari ajarannya menyebar keseluruh dunia dan mahatma gandhi menjadi salah satu tokoh penting pada zanman modern ini. Karna pengaruhnya Dalam hal mendukung permadaian dan persatuan antar agama di india. Mahatma gandhi tidak hanya cerdas dalam melawn rasisme di afrika selatan, sebuah gerakan kemerdekaan india membuka jalan bagi dialog antar agama. Gerakan ini tidak menggunakan kekerasan tetapi dengan perlawanan dengan damai sebagai sebuah alat untuk perubahan sosial. Prinsip ini terdapat pada perjuangannya mahatma gandhi yaitu, Bramkhacharya (pengendalian nafsu dan hasrat seksual),  Satyagraha (Kekuatan Kebenaran dan Patriotisme),  Swadeshi (memenuhi kebutuhan seseorang dengan menolak barang-barang eksternal), dan Ahimsa (perlawanan tanpa kekerasan). 

India mendapat kemerdekaan dari inggris raya pada tahun 1947 setelah kematian mahatma gandhi.  Mahatma gandhi dikenal sebagai pembela kebebasan individu dan ham atau hak asasi manusia. Kemerdepaan pada negara india dibarengi dengan negara tersebut menjadi negara 2 bagian yaitu india dan pakistan yang akan berujung perjuangan panjang. Karena hal tersebut membuat mahatma gandhi menjadi sedih karena perpecahan ini dan berusaha meredahan ketegangan antara keduanya. Gandhi mempromosikan perdamaian antar lingkungan agama. Selain itu dia juga hebat dalam memperjuangkan hak-hak perempuan diindia dan sebuah kasta rendah yang akhirnya memperjuangkan melawan sebuah diskriminasi dan ketidak adilan diseluruh penjuru dunia. Dalam membela kebebasan individu dan HAM gandi menulis banyak pidato dan meninggalkan banyak tulisan yang sangat berpengaruh dalam sejarah dunia. Karya mahatma gandi yang paling terkenal adalah hind swaraj yang diluncurkan pada tahun 1909 penerbitannya. Dalam karyanya menggambarkan sebuah pandangan mahatma gandhi dalam perjuangan kemerdekaan dan tentang neagra india Selain itu, dia telah membuat banyak kutipan  seperti "Kita harus menjadi perubahan yang ingin kita lihat di dunia" dan "Non-kekerasan adalah kekuatan paling kuat di dunia." Hari ini, Gandhi dianggap sebagai salah satu tokoh terbesar dalam sejarah India dan dunia. Itu berdampak besar pada  hak asasi manusia dan gerakan perdamaian di seluruh dunia, dan prinsip kebenaran, kebebasan, dan non-kekerasannya masih berlaku sampai sekarang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun