Mohon tunggu...
Hariyanto Xu
Hariyanto Xu Mohon Tunggu... kuliah di uib

halo nama panggilan saya hari kuliah di uib

Selanjutnya

Tutup

Digital

Perkembaangan Industri Internasional di Era 4.0

12 Desember 2019   20:08 Diperbarui: 12 Desember 2019   20:21 40 0 0 Mohon Tunggu...

Industri 4.0 sebagai fase revolusi teknologi mengubah cara beraktifitas manusia dalam skala, ruang lingkup, kompleksitas, dan transformasi dari pengalaman hidup sebelumnya. 

Manusia bahkan akan hidup dalam ketidakpastian (uncertainty) global, oleh karena itu manusia harus memiliki kemampuan untuk memprediksi masa depan yang berubah sangat cepat. 

Tiap negara harus merespon perubahan tersebut secara terintegrasi dan komprehensif. Respon tersebut dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan politik global, mulai dari sektor publik, swasta, akademisi, hingga masyarakat sipil sehingga tantangan industri 4.0 dapat dikelola menjadi peluang. 

Pada seminar teknik sipil yang di adakan uib, mengajarkan kita kepada cepatnya pegerakan serta revolusi yang terjadi di global Khususnya ada pada perkembangan infrastruktur jalan. 

Untuk kedepanya akan terjadj perubahan yang besar di mana jalan akan menjadi sebuah sumber enegri yang dapat menyerap panas dari matahari ataupun gaya gesek yang terjadi pada kendaraan yang lewat untuk menghasilkan enegri yang dapat di gunakan. 

Terutama untuk listrik pengguna jalan seperti lampu lalulintas , lampu jalan dan lain sebagainya Ada juga pada era digitalisasi ini memungkinkan untum membuat program yang dapat membantu manusia dalam hall melihat riwayat dalam jangka waktu yang cukup lama.

Pada seminar ini di dapatkan bahwa terdapat sebuah aplikasi untuk dapat melihat dan mendapatkan data yang berkaitan dengan gempa, guna untuk membantu para kontraktor dalam membangun sebuah bangunan ataupun infrastruktur lainya. Dimana dalam aplikasi tersebut dapat dilihat dan dapat mengetahui persebran titik gempa dari skala kecil hingga besar pada setiap daerah yang ingin di ketahui. 

Serta kegunaan lain dari aplikasi ini untuk meringankan para kontraktor dalam melihat jenis tanah serta bangunan apa yang cocok untuk daerah tersebut. Maka dari itu pada seminar yang di adakan meberikan bekal untuk peserta dalam hal kesiapan peserta untuk menggadapi infrastruktur di era 4.0 ini sehingga para calon lulusan sarjana nantinya tidak ketinggalan dengan cara tradisional dalam mengambil proyek serta dapat mengurangi biaya serta sumber daya lainya untuk terlibat. 

Pada seminar ini juga di sampaikan pentingnya laporan setiap kerjaan pada proyek mempunyai peran yang cukup penting dalam proses pembangunan dikarnakan laporan tersebut dapat digunakan pada kedepanya serta dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x