Mohon tunggu...
Haris Hadyantomo
Haris Hadyantomo Mohon Tunggu...

Student at Industrial Engineering UGM. Cat lover. A man who have fun with social media, youtube and news. Enjoy driving, traveling, swimming, and reading books.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pertama di Indonesia, Pameran Radio berlapis Clay dan Aluminum di UGM

8 Juni 2012   15:16 Diperbarui: 25 Juni 2015   04:14 412 2 0 Mohon Tunggu...

Pada hari itu, Selasa 5 Juni 2012, saya beserta teman-teman angkatan 2010 Teknik Industri UGM melakukan pameran desain produk di Kantor Pusat Fakultas Teknik UGM. Sama seperti pameran pada umumnya, namun produk yang kami tampilkan ini jauh berbeda. Yap, produk yang kami maksud adalah Radio dengan berbahan dasar Clay (tanah liat) dan Aluminum. Mengapa diadakan pameran seperti ini? Karena selain untuk mengangkat potensi daerah kami sendiri yakni Yogyakarta yang terkenal dengan kerajinan tanah liatnya, juga dalam rangka tugas besar dari mata kuliahPerancangan dan Pengembangan Produkyang diampu oleh Ir. Alva Edy Tontowi, M.Sc., Ph.D. dan IGB Budi Dharma, S.T., M.Eng., Ph.D. sebagai dosennya. Kami menyebut pameran ini sebagai CARNAVAL yang kepanjangannya adalahClay Aluminum Radio Exhibition and Festival. Pameran ini diikuti oleh kurang lebih 120 peserta yang terbagi menjadi 27 kelompok. Meskipun begitu, acara ini tidak sekedar pameran semata. Kami juga menyelenggarakan kuliah umum yang diisi oleh pemilik radio Magno asal Temanggung, Singgih S. Kartono serta Bank BPD DIY Syariah, Bambang P. Hadi di ruang 2.1 pada gedung yang sama. Selain itu, kami juga mengundang pihak UPT Logam Yogyakarta, UPT tanah liat dari Kasongan serta DTE ‘Micro Club’ UGM yang telah memberikan banyak kontribusi, terutama pada pembuatan produk radio yang kami pamerkan ini.

Memasuki area pameran, Anda akan disuguhkan dengan suasana karnaval yang kental dengan sosok badut serta hiburan panggungnya. Serbuan pengunjung dari kalangan mahasiswa, dosen dan masyarakat umum kian menambah ramainya acara CARNAVAL yang berlangsung dari pukul 8.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB ini. Bahkan ada juga mahasiswa asing asal Holland (Belanda) yang begitu antusias menghadiri pameran ini.

Acara ini dimulai dengan kata sambutan dari ketua panitia yang kemudian oleh ketua Jurusan Teknik Mesin dan Industri UGM, Bapak Ir. M. Waziz Wildan, M.Sc., Ph.D. yang sekaligus membuka jalannya acara CARNAVAL ini dengan pemukulan gong secara simbolis. Kemudian acara diisi dengan penampilan tari Saman dari teknik industri yang berhasil mengundang decak kagum para hadirin dan tamu undangan.

Setelah itu, para dosen dan tamu undangan diajak untuk berkeliling ke tiap stand untuk melihat hasil karya para mahasiswa Teknik Industri yang selama satu semester ini mempelajari ilmu desain produk. Kehadiran mereka disambut dengan aksi presentasi dari para mahasiswa yang siap mengajak para hadirin semuanya untuk datang ke stand mereka.

Masing-masing kelompok tersebut memiliki nama dan desain radio yang unik. Berikut adalah daftar nama-nama kelompok yang mengikuti pameran beserta nama produknya:

No

Kelompok

Nama Produk

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x