Mohon tunggu...
Hari Bagindo Pasariboe
Hari Bagindo Pasariboe Mohon Tunggu... Statistician @ Indonesian Statistics

born and raised in Jakarta, statistician at National Statistics Office, focus environmental and social resilience statistics. former teacher, marketer, facilitator

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Tagar Penggerak Aksi Mahasiswa Indonesia

1 Oktober 2019   15:26 Diperbarui: 1 Oktober 2019   15:46 502 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tagar Penggerak Aksi Mahasiswa Indonesia
Social Media Analysis and Visualization #MahasiswaPelajar Anarkis by Drone Emprit Academic

Tulisan bertujuan secara umum untuk memotret vibrasi gerakan aksi mahasiswa Indonesia yang tertangkap dari media sosial Twitter.

Sebuah Pengantar

Hari ini tanggal 1 Oktober 2019, Banyak agenda penting akan, sedang dan nanti akan berjalan sampai malam nanti. Sejak pagi Aparatur Sipil Negara telah bersiap mengikuti apel Hari Kesaktian Pancasila.Pelantikan  Anggota DPR periode 2019-2024 direncanakan berlangsung sedari siang hingga mahasiswa yang berniat untuk terus menyuarakan aspirasinya dengan turun ke jalan.

Gerakan aksi mahasiswa masih belum juga usai. Gelombang demi gelombang demonstrasi mahasiswa masih berlangsung hingga saat analisis di tulis.

Tagar-tagar baru di media sosial muncul menggantikan tagar-tagar lama yang selama ini ada. 

Tagar-tagar milik mahasiswa dari observasi penulis tidak bertahan lama karena tidak cukup terorganisasi atau tidak mendapatkan dukungan logistik yang memadai karena di lakukan dengan gotong royong alias swadaya dan berdikari.

 Penulis mencoba mendalami tagar-tagar tersebut untuk membuktikan dugaaan atau hipotesis sementara yang penulis sampaikan di atas.

Pada proyek kali ini penulis mencoba mendalami tagar-tagar yang digunakan pada media sosial Twitter sebagai sarana berbagi informasi aksi mahasiswa yang selama ini ada dan dapat dipantau aktivitasnya.

Tagar-Tagar Penggerak Aksi Mahasiswa yang dapat di identifikasi oleh penulis antara lain tagar-tagar yang mengandung kata: mahasiswa, rakyat, pelajar, stm serta tagar lain seperti surabaya menggugat, dll.

Penulis mendapati 6 tagar dengan karakteristik tersebut yang selama ini disinyalir sebagai tagar yang mengaspirasikan cuitan baik berupa gambar, video, status sebagai sarana penyampaian aspirasi lewat media sosial. Ke-enam tagar itu adalah:

1. # MahasiswaBergerak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x