Mohon tunggu...
Suharto
Suharto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis lepas

Penulis blog http://ayo-menulislah.blogspot.co.id/, http://ayobikinpuisi.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Politik Artikel Utama

Diplomasi Harmoni untuk Rusia-Ukraina

4 Juli 2022   08:04 Diperbarui: 5 Juli 2022   13:30 655 10 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Kepresidenan di Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022). (AFP/UKRAINIAN PRESIDENTIAL PRESS SERVICE via kompas.id)

Harapan Damai

Sebagai bagian dari rakyat Indonesia, saya berharap kunjungan Presiden Jokowi ke Rusia dan Ukraina memberikan pesan positif bagi kedua negara untuk berdamai.

Bahwa Indonesia sebagai bagian dari komunitas dunia, wajar jika ingin mendamaikan negara lain yang sedang bertikai. Karena secara langsung atau tidak langsung, perang akan berdampak pada negara-negara lain.

Titik temu 

Niat mulia untuk merundingkan perdamaian memang belum tentu disambut kedua belah pihak. Namun langkah ini lebih baik dilakukan daripada membiarkan perang berlarut-larut tanpa penyelesaian.

Titik temu bisa dicapai jika setiap pihak diberi pemahaman mengenai kelangsungan hidup manusia di bumi ini. 

Pihak penengah dengan sabar mendengarkan permasalahan yang diutarakan. Dan memberikan jalan keluar yang seadil-adilnya berdasarkan keinginan untuk mengakomodasi semua kepentingan.

Non-blok

Secara historis, Indonesia memang dituntut untuk berperan aktif dalam menjaga perdamaian dunia. Hal ini sudah diwariskan oleh para pendahulu bangsa yang memposisikan Indonesia sebagai negara non-blok.

Keputusan untuk konsisten menjadi bagian negara-negara non-blok tentunya mempunyai peran strategis. Karena negara non-blok tidak punya kepentingan tertentu selain keinginan untuk mendamaikan negara-negara yang sedang bersengketa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan