Mohon tunggu...
Hardlen Crisabel
Hardlen Crisabel Mohon Tunggu... Digital Journalism student

Interested in entertainment, music and writing.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

4 Kegiatan Sehari-hari Penyebab Rusaknya Ginjal

11 September 2019   11:01 Diperbarui: 11 September 2019   11:07 0 1 2 Mohon Tunggu...
4 Kegiatan Sehari-hari Penyebab Rusaknya Ginjal
Ilustrasi (Foto: India.com)

Kesehatan ginjal merupakan kondisi yang sangat penting untuk dijaga. Ginjal merupakan organ tubuh yang sangat berperan penting dalam tubuh manusia. Organ tubuh ini memiliki fungsi menjaga keseimbangan kadar cairan tubuh, mengatur mineral dalam darah, menjaga tubuh dari racun, serta menghasilkan hormon yang memproduksi sel darah merah dan kesehatan tulang.

Jika ginjal berada dalam kondisi yang buruk, maka akan sangat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Saat ginjal rusak, produk dan cairan limbah akan terbentuk di dalam tubuh. Hal ini akan menyebablan pembengkakan pada bagian pergelangan kaki, tubuh menjadi lemah, sensasi mual, pola tidur terganggu, serta sulit bernapas.

Berbagai cara telah dilakukan banyak orang untuk menjaga kesehatan ginjal mereka. Entah rajin melakukan olahraga, minum air yang banyak, dan berbagai hal lainnya. Hanya saja, terdapat bermacam jenis kegiatan sehari-hari yang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Melansir beberapa sumber, berikut merupakan berbagai kebiasaan sehari-hari yang harus dihindari untuk tetap menjaga kesehatan ginjal dan tubuh yang sehat.

  • Merokok

Sudah umum diketahui banyak orang bahwa merokok dapat mengakibatkan kerusakan pada paru-paru dan jantung. Namun berbagai studi telah menjelaskan bahwa merokok dapat menyebabkan munculnya protein di dalam urine, yang mana kondisi ini merupakan tanda dari kerusakan ginjal.

Penyakit yang berdampak pada ginjal seperti diabetes dan tekanan darah tinggi juga dapat diperburuk dengan kebiasaan merokok. Perokok aktif pun juga akan lebih cenderung memerlukan transplantasi ginjal.

  • Menggunakan obat penawar rasa sakit dalam jangka waktu lama

Penggunaan obat nyeri tertentu dalam jangka panjang, terutama pada dosis tinggi, bisa memiliki efek berbahaya terhadap jaringan serta struktur ginjal. Baik obat bebas yang dijual di pasaran maupun obat resep mampu merusak dan mengurangi aliran darah ke ginjal.

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAIDs) adalah penyebab yang paling utama. Mengutip dari Huffpost, sebanyak 1 hingga 3 persen kasus gagal ginjal kronis tiap tahunnya dapat disebabkan oleh konsumsi obat penawar rasa sakit yang terlalu banyak.

  • Mengonsumsi gula dalam jumlah banyak

Terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula dapat berakibat pada berbagai macam masalah kesehatan, seperti diabates dan obesitas. Kedua kondisi penyakit inilah yang dapat menjadi faktor risiko kerusakan ginjal.

Untuk menurunkan risiko tubuh terkena diabetes, obesitas, serta gangguan ginjal, sangat disarankan untuk mengurangi asupan makanan dan minuman yang mengandung banyak gula.

  • Mengonsumsi makanan tinggi sodium

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x