Mohon tunggu...
TA Hans Silaban
TA Hans Silaban Mohon Tunggu... Lainnya - Mocok-mocok

Sang angin yang merindu, mengharap debu menjadi kristal ... !!!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Bandung Selatan Panorama Yang Menawan

24 Mei 2018   09:26 Diperbarui: 23 Juli 2018   05:55 211
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seperti terbangun dari mimpi, begitulah aku ketika melihat pemandangan yang indah itu. Sekian lama, sekali dalam seminggu lokasi itu pasti aku lalui. Aku tak pernah menyangka jika lokasi itu rupanya memiliki pesona alam yang tinggi. Ciruntah ... demikian penduduk setempat menyebut nama lokasi itu. Sesuai namanya (runtah = sampah) memang lokasi itu adalah pembuangan sampah secara liar, yang dilakukan oleh masyarakat setempat maupun masyarakat yang sekedar melintas.

Terletak di sebelah selatan Kota Bandung, Ciruntah berada di lintasan jalan raya Bandung - Pangalengan - Ranca Buaya. Diperkirakan Ciruntah dapat ditempuh selama dua jam dari Kota Bandung dengan menggunakan kendaraan roda empat. Sekitar 50 kilometer dari Kota Bandung lokasi ini akan ditemukan sebelum tiba di kota kecil Pangalengan. Sementara jarak antara Kota Bandung dengan Kota Pangalengan lebih kurang 55 kilometer.

Tertarik oleh sudah tidak menumpuknya sampah disekitar lokasi itu, aku menyempatkan diri untuk turun sekedar melihat dan memenuhi rasa ingin tau. Betapa terkejutnya aku, ketika aku ketahui rupanya dibalik gundukan sampah menggunung yang aku lihat selama ini, adalah lembah yang lumayan dalam. Lebih terkejut lagi, lokasi yang selama ini menjadi tempat pembuangan sampah adalah lembah yang memiliki pemandangan yang indah.

Aku meneruskan perjalanan mataku, lalu berhenti saat mataku memandang lurus ke depan. Sungguh mengagumkan. Undakan bukit yang tersusun dengan indah sejak dari dasar lembah, dipadu dengan warna bukit membiru nun jauh di depan sana, membuat mata benar-benar mendapat tontonan yang eksotis. Waw ... luar biasa. Tak salah jika aku memberi penilaian yang sangat baik untuk lokasi itu.

Rupanya ada yang salah selama ini. Sampah yang menggunung di tepi jalan, adalah sesuatu yang menyebabkan setiap orang memalingkan muka dari lokasi itu. Sampah yang berserakan di lokasi itu, menyebabkan setiap orang tidak menyadari, bahwa mereka telah melewatkan hidangan yang sangat enak untuk dinikmati. Iya ... sampah itu telah membuat kesalahan yang sangat besar. Dengan menggunungnya sampah di sekitar lokasi itu, membuat keindahan daerah itu menjadi tertutupi.

Tiba-tiba aku tersadar dari ketertegunanku. Tidak menunggu lama, lalu aku mengambil ponsel dan mengabadikan beberapa lokasi dengan kamera ponselku. Sayang sekali ... kalau aku tidak bisa menampilkan banyak gambar untuk menunjukkan keindahan Ciruntah dan sekitarnya. Untuk itu aku mohon maaf.

Secara administrasi, Ciruntah menjadi wilayah pelayanan Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Sangat menyenangkan, setelah sampah yang tertumpuk dan menggunung di tepi jalan kini tidak ada lagi. Walau masih terlihat bekasnya, kini tidak ditemukan lagi sampah berserakan di sekitar lokasi itu. 

Kini Ciruntah telah berubah, menjadi lokasi yang menarik untuk dipandang sejauh mata mampu memandang. Terimakasih untuk siapapun, baik personal maupun lembaga yang telah memutuskan untuk tidak menaruh sampah lagi di tepi jalan di Lembah Ciruntah ... !!

Medyo Mei 2018.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun