Mohon tunggu...
Hanif Adnan
Hanif Adnan Mohon Tunggu... Bukan siapa siapa

Hanya orang biasa

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Piye Yo Sing Jelaske..

18 Juni 2021   15:15 Diperbarui: 18 Juni 2021   15:31 15 1 0 Mohon Tunggu...

Piye Yo Sing Jelaske

Piye yo sing jelaske... Ketika Raja mempunyai anak maka ada dua pangeran yang dididik secara khusus, yaitu pangeran sang putra mahkota yang dididik dengan multi disiplin ilmu seperti agama, peperangan, administrasi dll. dan ada pangeran yang dididik secara khusus mulai dari kandungan yaitu pangeran religius yang dididik khusus dengan ilmu2 agama.

Ketika sang kakak putra mahkota diangkat jadi raja maka sang adik yaitu pangeran religius sebagai suluh penerang kerajaan, bahkan ada yang mengambil jalan sufi yang lidah n hatinya selalu berdzikir n doa di dalam sholatnya memohon kemakmuran n kemajuan kerajaan tsb. Maka kerajaan tsb menjadi makmur n maju dan tentunya tercatat dalam tinta emas sejarah. Dan fungsi dari pangeran religius tsb adalah sebagai Pakune Kerajaan. Dan di banyak kasus ketika pangeran religius meninggal n belum ada gantinya maka akan timbul kerusuhan n kekacauan di kerajaan tsb.

Tapi ada beberapa kasus ketika sang kakak yang menjadi raja meninggal n digantikan pangeran religius tsb menjadi raja maka karajaan pun akan makmur n maju dalam hal ini contoh seperti Sultan Agung, Sultan Al Fatih dll. Dan kasus lainnya ketika sang pangeran religius tsb mengambil jalan peperangan untuk melawan kedzaliman maka perlawanan bersenjata tsb tercatat dalam sejarah dengan tinta emas, dalam hal ini contoh seperti Pangeran Diponegoro dll.

Wallahu Alam Bisshowab.

VIDEO PILIHAN