Mohon tunggu...
Hanny Chairany
Hanny Chairany Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Manajemen Informasi dan Perpustakaan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada

Library and Information Science

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Komunitas Peduli Lingkungan: Dari Kita, Untuk Kita dan untuk Indonesia

6 November 2023   10:26 Diperbarui: 6 November 2023   10:34 1099
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Komunitas peduli lingkungan merupakan salah satu upaya masyarakat untuk menyelamatkan dunia. Salah satu aspek yang paling menonjol dari komunitas peduli lingkungan adalah keberhasilannya dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan isu-isu lingkungan. Mereka melakukan banyak kegiatan dan menyebarkan informasi dengan tujuan untuk mempengaruhi dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan.

Mereka selalu disibukkan dengan kegiatan seperti pembersihan pantai, penanaman pohon, dan kampanye daur ulang. Kegiatan ini tidak hanya membantu memperkuat dan memperluas komunitas, tetapi juga menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama dalam hal kepedulian terhadap lingkungan. Tindakan ini telah menghasilkan dampak positif yang dapat dilihat dan dirasakan oleh orang-orang di seluruh dunia.

Komunitas peduli lingkungan memiliki peran penting dalam meningkatkan produktivitas dan perubahan sosial. Mereka mempraktikkan hukum, berkolaborasi dengan pemerintah, dan memberdayakan masyarakat. Selain itu, komunitas peduli lingkungan memupuk solidaritas di antara para anggotanya. Mereka memungkinkan individu dengan latar belakang yang beragam untuk berkontribusi pada tujuan bersama, menumbuhkan rasa kebersamaan dan persahabatan dalam mencapai tujuan menjaga lingkungan.

Terlepas dari kenyataan upaya untuk memperbaiki lingkungan merupakan perjalanan jangka panjang dan sering kali berbahaya, komunitas peduli lingkungan memiliki tekad dan ketekunan. Mereka memahami bahwa perubahan besar membutuhkan lebih banyak waktu dan kerja keras.

Komunitas peduli lingkungan menginspirasi orang lain untuk berpartisipasi dalam upaya memperbaiki lingkungan. Komunitas peduli lingkungan adalah pilar pelestarian alam yang harus kita hargai dan dukung dalam upaya membangun dunia yang lebih berkelanjutan untuk generasi mendatang.

Ada banyak komunitas dan gerakan peduli lingkungan yang aktif di Indonesia. Beberapa yang terkenal diantaranya:

  1. Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP): gerakan ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai di Indonesia dengan cara mengedukasi masyarakat tentang dampak buruk plastik terhadap lingkungan.
  2. Greenpeace Indonesia: greenpeace adalah organisasi lingkungan yang memiliki cabang di Indonesia dan aktif dalam berbagai kampanye perlindungan lingkungan, termasuk pelestarian hutan, perubahan iklim, dan penanggulangan polusi.
  3. Indonesia Plastic Bag Diet: inisiatif ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai di Indonesia dengan kampanye dan edukasi tentang bahaya plastik bagi lingkungan.
  4. Yayasan Bali Bersih: yayasan ini berfokus pada pelestarian lingkungan di Bali, termasuk kampanye pembersihan pantai dan edukasi tentang limbah plastik.
  5. Pohon Indonesia: organisasi yang berfokus pada penanaman pohon dan penghijauan untuk mengatasi perubahan iklim dan merawat lingkungan.
  6. Lindungi Hutan: organisasi yang berasal dari kota Semarang yang setiap tahunnya mengajak orang-orang untuk ikut menanam pohon di berbagai titik. melakukan berbagai inovasi dan perkembangan, sehingga dapat menjalani campaign demi campaign.
  7. Zero Waste Indonesia: Zero Waste Indonesia hadir dengan tujuan mengajak masyarakat di Indonesia untuk menerapkan gaya hidup meminimalisasi produksi sampah agar nggak sekadar berakhir di tempat pembuangan sampah dengan mengimplementasikan 6R (Rethink, Refuse, Reduce, Reuse, Recycle, dan Rot).
  8. World Wildlife Fund (WWF) Indonesia: sesuai dengan namanya, salah satu dari daftar komunitas peduli lingkungan ini dibentuk dengan tujuan untuk melestarikan alam serta mengurangi ancaman paling mendesak terhadap keanekaragaman kehidupan di bumi, seperti perlindungan satwa yang terancam punah.
  9. Kebun Kumara: mengubah tempat pembuangan sampah dan area terlantar menjadi kebun penghasil makanan dan kandang ayam pengomposan.. Dengan misi ini, Kebun Kumara mengedukasi masyarakat perkotaan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dengan workshop mengenai ecobrick, kompos, urban farming dan gardening.
  10. Pandawara Group: muncul sebagai pendorong perubahan dalam upaya untuk mengatasi masalah ini. Kelompok anak-anak bangsa ini memiliki visi untuk menjaga lingkungan dan mengurangi dampak buruk sampah bagi masyarakat dan alam.

Sumber:

https://www.gadis.co.id/Social/106651/cari-komunitas-peduli-lingkungan-di-indonesia-intip-5-daftarnya-di-sini!

https://www.cekaja.com/info/6-daftar-komunitas-peduli-lingkungan

https://www.herworld.co.id/article/2021/1/16881-Ketahui-5-Komunitas-Dan-Organisasi-Peduli-Lingkungan

https://sohib.indonesiabaik.id/article/pandawara-group-gerakan-anak-muda-tangguh-melawan-sampah-ZaOr6

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun