Mohon tunggu...
Hanin Hanifiana Pramesti
Hanin Hanifiana Pramesti Mohon Tunggu... Tidak Ada

Nothing

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Berdayakan Masyarakat, Mahasiswa UNS Melaksanakan KKN Tematik Integratif

5 Maret 2021   18:00 Diperbarui: 6 Maret 2021   08:13 122 0 0 Mohon Tunggu...

Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta melaksanakan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tematik Integratif periode Januari-Febrruari tahun 2021 yang berlokasi didomisili masing-masing mahasiswa salah satunya yaitu kelompok 47 yang melaksanakannya di Kabupaten Purworejo. Hanin Hanifiana Pramesti sebagai koordinator kelompok dengan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Bapak Johadi SE., M.Sc, mengusung tema yang berjudul “Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Pada Era Pandemi di Kelurahan Semawung Kembaran, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo”. Kegiatan KKN dilaksanakan selama 45 hari dimulai tanggal 12 Januari - 25 Februari 2021.

Dalam pelaksanaan KKN ini dilaksanakan program kerja yang terdiri dari program kerja utama dan program kerja penunjang. Program kerja utama dilaksanakan secara berkelompok di Kelurahan Semawung Kembaran dengan tiga program kerja utama meliputi budidaya lele dalam ember, sharing caring dan pembuatan konektor masker, sedangkan program penunjang dilakukan secara individu sesuai domisili atau tempat tinggal masing-masing anggota KKN.

Kegiatan pertama adalah budidaya lele dalam ember (budikdamber) dan hidroponik kangkung yang dilakukan oleh 11 RT di Kelurahan Semawung Kembaran. Mahasiswa KKN aktif baik dalam memfasilitasi maupun memberikan pemahaman dan pengawasan kegiatan. Budikdamber ini memerlukan alat seperti ember, netpot, bibit lele, pakan ikan dan kangkung selanjutnya dilakukan pemantauan perkembangan lele dan hidroponik kangkung setiap 2 kali dalam seminggu. “Saya sangat terinspirasi dari kegiatan KKN yang dilakukan mahasiswa, apabila program budidaya lele dan hidroponik kangkung ini menjanjikan maka akan saya kembangkan untuk bisnis sambilan saya karena tidak membutuhkan lahan yang luas”, ujar Pak Darman, salah satu ketua RT di Kelurahan Semawung Kembaran.

Kegiatan kedua yaitu sharing caring dilaksanakan seminggu dua kali di Aula Kelurahan Semawung Kembaran. Kegiatan ini berupa pendampingan belajar siswa-siswi sekolah dasar yang BDR (Belajar Dari Rumah) karena dampak pembatasan sosial untuk mencegah penularan Covid-19 di Kabupaten Purworejo, siswa-siswi difasilitasi untuk belajar bersama dengan mengulas materi yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kegiatan sharing caringpun diharapkan dapat menambah dan tetap memacu motivasi belajar anak-anak walapun tidak dapat melaksanakan belajar di sekolah.

Dokpri
Dokpri
Untuk kegiatan ketiga sendiri adalah pembuatan konektor masker dan telah dilaksanakan pada  26 Januari 2021 bertempat di Aula Kelurahan Semawung Kembaran. Pembuatan konektor masker dihadiri oleh ibu-ibu PKK Kelurahan Semawung Kembaran yang tampak senang dan antusias selama kegiatan berlangsung. Kegiatan ini juga mendatangkan narasumber yang sudah lama berkecimpung dalam berbagai kerajinan rajut. Melalui kegiatan ini Ibu-ibu PKK Semawung Kembaran tak hanya diharapkan dapat terampil dalam merajut konektor, namun juga dapat mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat dan diharapkan dengan ilmu tersebut dapat dikembangkan dan menjadi motivasi dalam menambah pemasukan keluarga.

Dokpri
Dokpri

VIDEO PILIHAN