Mohon tunggu...
Haning Arum S.
Haning Arum S. Mohon Tunggu... Penulis - MomPreneur, Penulis, Editor. Pemilik blog haningarum.com

Haning Arum Sarasayu, lahir di Jakarta 41 tahun lalu. Ibu tiga anak ini mempunyai latar belakang yang beragam. Merintis beberapa usaha dan memulai pekerjaan sebagai editor pada tahun 2016 lalu. Sebagai dedikasinya pada dunia literasi, dia kemudian mendirikan sebuah penerbitan untuk mendukung para pecinta literasi. Saat ini kegiannya adalah sebagai MomPreneur, penulis, editor dan menjadi mentor di kelas-kelas menulis. Mari mengenalnya lebih jauh lewat sosial medianya: Facebook: Haning Arum S. Instagram: @haningarum Twitter: @haningarum WhatsApp: 0812 837 23 234 Telegram: t.me/haningarum Telegram Channel: t.me/haningarums t.me/emak2berbisnis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tim Robotic MTs. PKP JIS Borong Piala di Kejurnas Robotic Blitar

19 September 2022   19:12 Diperbarui: 19 September 2022   19:41 600 3 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tim Robotic MTs. PKP Jakarta Islamic School - Sumber: Dokumen Pribadi

(Jakarta, 19/9/22) - Hari ini, kepulangan Tim Robotic MTs. PKP Jakarta Islamic School disambut dengan meriah oleh orang tua murid, guru, Kepala Madrasah, serta pejabat Yayasan PKP JIS.

Tim Robotic MTs. PKP mengikuti lomba robotic tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Blitar bekerja sama dengan IRTC (International Robotic Training and Competition) yang digelar di Kota Blitar 17-18 September 2022 dengan mengusung tema "Robot Adalah Sahabatku". Tim Robotic MTs. PKP berangkat dengan didampingi pembina Club Robotic PKP JIS Anatta Sannai, Mp.Pd., Pelatih Robotic Anta Wijaya, S.Pd., dan Atjih, S.Pd., sebagai pendamping tim siswi.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Blitar juga telah mengadakan kejuaraan daerah yang diselenggarakan pada bulan Agustus 2022. Dalam Kejurnas Blitar ini terdapat beberapa kategori lomba yaitu Robot Soccer, Robot Sumo 500 gram, Robot Sumo 1 Kg, dan Line Follower. Kejurnas Robotic Blitar ini diikuti oleh SMP/MTs. serta SMA/SMK dari seluruh Indonesia. "Ada tim dari Sulawesi Selatan, Riau, Lombok, Jambi, Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, juga Jakarta, termasuk MTs. PKP JIS," jelas Anatta Sannai dalam acara penyambutan kepulangan Tim Kejurnas Blitar.

Trofi dan Piagam Tim Robotic MTs. PKP JIS - Sumber: Dokumen Pribadi
Trofi dan Piagam Tim Robotic MTs. PKP JIS - Sumber: Dokumen Pribadi

MTs. PKP JIS memberangkatkan 10 orang dari siswa dan siswi kelas 7,8 dan 9, yang terbagi atas 4 tim untuk berlomba di dalam 4 kategori.  Tim berangkat menuju Kota Blitar, Kamis, 15 September 2022 dan kembali ke Jakarta, Minggu, 18 September 2022 setelah pengumuman dan penutupan Kejurnas Robotic Blitar. "Alhamdulillah Tim Robotic MTs. PKP JIS membawa pulang 1 medali dan trofi juara 1 untuk kategori Soccer, 1 medali, trofi juara 2 untuk Sumo 500gram, dan trofi juara 2 untuk Line Follower. Sedangkan untuk Sumo 1kg, tim mendapatkan "The Best Stategy" sebagai penghargaan," ucap Anatta Sannai lagi.

Dalam penyambutan tim robotic, Ketua Badan Pengawas Yayasan PKP H. Andi Mappaganty, Wakil Ketua Umum H. Sukesti Martono M.A., Sekretaris Yayasan PKP Dr. H. Tongato Atmowinoto,M. Si., serta Kepala MTs. PKP JIS Sukarno, S.Pd. memberikan apresiasi, dukungan, dan motivasi yang luar biasa kepada Tim Robotic MTs. PKP JIS serta berpesan agar di masa depan semakin berprestasi baik dalam kejuaraan tingkat provinsi, nasional, maupun internasional.

Andi Mappaganty - Sumber: Dokumen Pribadi
Andi Mappaganty - Sumber: Dokumen Pribadi

"Kesuksesan tim robotic ini juga tentunya tidak terlepas dari dukungan orang tua murid yang solid dan selalu menyemangati serta mendoakan putra dan putrinya untuk terus berprestasi. Jadi jangan lupa bahwa awal dari semua kesuksesan dan keberhasilan kalian berawal dari doa restu orang tua," ucap H. Andi Mappaganty yang pernah menjabat sebagai Walikota Jakarta Timur 1998-2022 kepada Tim Robotic MTs. PKP JIS.

Sebagaimana diketahui bahwa PKP Jakarta Islamic School memang terkenal dengan prestasinya di bidang robotic dan sudah banyak menyabet gelar juara baik tingkat nasional dan internasional. Selain di tingkat MTs., kegiatan robotic juga ada di dalam pilihan ektrakulikuler di MI dan SMA. Kegiatan robotic PKP Jakarta Islamic School merupakan dukungan bagi peserta didik dalam era digitalisasi. 

"Untuk ke depannya, kami berencana akan mengikutsertakan tim robotic pada ajang lomba internasional yang menurut rencana akan digelar pada awal tahun 2023 di Thailand dan diikuti ribuan peserta. Semoga bisa kembali menjadi juara seperti pada kejuaraan internasional sebelumnya di Malaysia, Singapore, juga Australia, dan mencetak generasi-genarasi emas bangsa yang tangguh secara mental dan berprestasi," imbuh Anatta Sannai.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan