Mohon tunggu...
Syafa Hanifah
Syafa Hanifah Mohon Tunggu... Afa

-

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

TKI Asal Desa Karangsemi Nganjuk Positif Covid-19, Hoaks!

28 Maret 2020   20:18 Diperbarui: 28 Maret 2020   20:28 39 0 0 Mohon Tunggu...

Berselancar di dunia maya merupakan salah satu cara untuk mengisi kegiatan di rumah lantaran pemerintah menghimbau masyarakat untuk mengurangi kontak dengan sesama  atau biasa disebut social distancing Karena makin banyaknya masyarakat yang terinfeksi virus corona (COVID-19).

Dengan berselancar di dunia maya kita dapat mengurangi rasa bosan yang menyerang ketika tidak tau apa yang harus dilakukan. Akan tetapi tidak semua berita yang ada di dunia maya itu fakta, bisa jadi itu adalah sebuah Hoax belaka.

Dalam keadaan yang seperti ini, banyak sekali pihak-pihak yang membuat berita yang seolah-olah fakta padahal sebenarnya tidak (berita hoax), khususnya hoax mengenai epidemi virus corona yang saat ini sedang terjadi.

Bahkan ada yang pernah berkata bahwa hoax lebih cepat menyebar dari virus corona itu sendiri. Salah satu hoax mengenai corona di wilayah Nganjuk adalah TKI asal Desa Karangsemi yang positif corona.

Dilansir dari salah satu akun instagram 

Berita HOAX !!
Tidak di-BENAR-kan dan Tidak ada informasi resmi
dari pihak terkait jika,
Sdr. Iwan Prandoko POSITIF COVID-19
---
Tolong yo rek gunakan Handphone dengan bijak di kala fenomena virus covid-19 seperti ini. Saring terlebih dahulu, jangan terburu-buru untuk di share.
---
Klarifikasi :
Saya jelaskan bahwa di Desa Karangsemi tidak ada yang positif COVID-19 ( Semoga kita semua di lindungi-Nya ). Memang ada dan di benarkan 1 warga Dusun Pilangglenteng, Desa Karangsemi, Kecamatan Gondang, Kab. Nganjuk kerja di luar negeri (TKI) itu pun masih taraf aman dan kategori "Orang Dalam Resiko ( ODR )", tetapi yang sering orang ketahui "Orang Dalam pengawasan ( ODP )"
---
Tolong di up agar semua mengetahui kebenaran dan mulai bijak menggunakan medsos.
---
Klarifikasi : Carik Desa Karangsemi
---

Berita tersebut hoax dan sudah diklarifikasi langsung oleh carik desa karangsemi bahwa warganya tidak ada yang positif COVID-19. Berita hoax seperti itu memiliki dampak yang cukup besar seperti menurunkan reputasi korban dan juga membuat warga sekitar resah.

Tips bagaimana mengidentifikasi suatu berita agar tidak termakan berita hoax

  • Cek apakah berita tersebut berasal dari portal resmi atau tidak
  • Cek darimana sumber berita tersebut
  • Cek narasumber dari berita tersebut.

Nah itu tadi adalah cara mengidentifikasi suatu berita. jangan lupa untuk selalu melakukan double check setiap mendapatkan berita yang tidak jelas sumbernya.

Jangan sampai kalian ikut menyebarkan berita hoax ke masyarakat. Jangan lupa juga untuk selalu jaga kesehatan ditengan epidemi COVID-19 dan jangan keluar rumah kecuali ada kepentingan. #dirumahaja

VIDEO PILIHAN