Mohon tunggu...
Hanifah Nur
Hanifah Nur Mohon Tunggu... Mahasiswa UNS

Mahasiswa di Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Memberi Pemahaman Covid-19 kepada Warga Ngemplak Banjarsari, Surakarta

28 November 2020   20:56 Diperbarui: 28 November 2020   21:01 9 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memberi Pemahaman Covid-19 kepada Warga Ngemplak Banjarsari, Surakarta
dokumen pribadi

KKN Relawan Covid-19 yang diadakan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) menjadi salah satu sorotan di berbagai daerah. Kegiatan yang mendukung gerakan pencegahan virus corona ini telah disahkan oleh Rektor UNS sebagai pengganti KKN periode Juli-Agustus 2020 mendatang. 

Seluruh mahasiswa yang telah memiliki SKS yang cukup untuk mengambil mata kuliah KKN dikerahkan untuk mengikuti KKN Relawan Covid-19. Mahasiswa melakukan kegiatan KKN Covid-19 di daerah masing-masing dengan program kerja sesuai tema yang dipilih. Tema yang dipilih berdasarkan kondisi pada masing-masing daerah mahasiswa.

KKN Relawan Covid-19 UNS memiliki 8 tema besar, salah satunya supporting pemahaman masyarakat. Saya Hesa Resti Arumanda dengan NIM K7117093 dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar telah mengambil tema supporting pemahaman masyarakat di Ngemplak RT 04/15 Kelurahan Gilingan Kecamatan Banjarsari Provinsi Jawa Tengah. Melihat kondisi lingkungan yang kebanyakan adalah pekerja dan sering bepergian keluar rumah.

Kegiatan yang saya lakukan terbagi menjadi beberapa program kerja. Pertama adalah program edukasi dan pemahaman warga tentang covid-19 melalui media sosial instagram dan group whatsapp pemuda RT 04/15. Selain itu juga menempelkan poster tentang sebab-akibat virus corona dan new normal di papan pengumuman gedung serba guna RT 04 dan di tempat-tempat yang mudah terbaca oleh warga. 

Program kedua yaitu pengadaan alat pelindung diri berupa masker dan non medis. Kegiatan ini dilakukan membuat masker kain bersama penjahit di RT 04/15. Masker tersebut dibagikan kepada warga yang sering bepergian keluar rumah. Selain itu, saya juga membagikan sabun cuci tangan kepada warga yang sering bepergian keluar rumah.

Waktu yang dilakukan selama KKN Relawan Covid-19 berlangsung dari tanggal 15 Mei 2020 sampai 30 Juni 2020 yang 80% dilakukan tidak bertatap muka demi mencegah penyebaran virus corona. Semoga setelah diadakannya KKN Relawan Covid-19 ini dapat bermanfaat bagi seluruh warga RT 04/15.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x