Mohon tunggu...
Hanifah Hann
Hanifah Hann Mohon Tunggu... Be your self

Selalu optimis

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Islam Normatif dan Islam Historis

12 Oktober 2019   20:32 Diperbarui: 12 Oktober 2019   20:36 0 1 1 Mohon Tunggu...

  • Islam normatif adalah islam pada dimensi sakral yang bersifat mutlak dan universal. Kajian pada islam normatif menghasilkan tradisi teks yaitu tafsir, teologi,fiqih,tasawuf dan filsafat. 
  • Islam historis bermakna sejarah atau kejadian pada masa lalu.Jadi,islam historis ini adalah islam yang dianuy pada masa rasulullah.Konsep dalam islam historis tidak tetap semua bisa berubah karena 2 faktor yaitu faktor ruang dan waktu. 
  • Pengelompokan islam normatif dan historis.                                                               Menurut Nasar Hamid Abu Zaid dibagi menjadi 3 bagian:                            1.Wilayah asli islam yang mencakup Al-quran dan hadis.                                      2.Pemikiran islam atau penafsiran.      3.Praktek contohnya seperti cara-cara beribadah.
  • Hubungan antara islam normatif dan historis.                                                                Dapat membentuk hubugan dialegtis dan ketegangan. Hubungan dialegtis ialah hubungan yang terjadi jika ada dialog bolak-balik yang saling menerangi antara teks dan konteks. Jadi hubungan islam normatif dan historis tidak dapat dipisahkan karena keduanya menyatu dengan kokoh dan kompak.