Mohon tunggu...
Hanifa Dina Aulia Dewi
Hanifa Dina Aulia Dewi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

KKN Tematik UPI 2022: Membagikan Jajanan Sehat dan Vitamin C kepada Anak-anak di Desa Margasana

6 Agustus 2022   15:30 Diperbarui: 7 Agustus 2022   11:34 202 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jajanan yang dikonsumsi oleh anak-anak memiliki peranan yang cukup penting dalam memberikan zat gizi dan energi bagi tubuh kembangnya. Selasa (26/7/2022) mahasiswa KKN Tematik UPI 2022 melaksanakan kegiatan membagikan jajanan sehat seperti susu, jus buah, biscuit, dan vitamin C untuk masyarakat sekitar lokasi KKN di Desa Margasana Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Banten terutama kepada orang tua yang memiliki anak diatas usia satu tahun.

Adapun jajanan sehat merupakan segala jajanan yang dikonsumsi oleh anak-anak yang bernilai gizi yang baik untuk menunjang tumbuh kembang anak. Faktanya saat ini banyak jajanan tidak sehat yang mengandung zat-zat yang tidak baik bagi tubuh yang dapat membahayakan metabolisme tubuh dan menimbulkan berbagai macam penyakit. 

Jajanan yang tidak sehat cenderung mengandung banyak lemak trans dan gula sehingga asupan kalori melebihi kebutuhan gizi. Selain dari kandungan gizi yang ada pada jajanan tidak sehat, jajanan yang kurang bersih juga dapat menyebabkan anak mengalami gangguan pencernaan yang disebabkan adanya berbagai jenis bakteri di makanan/minuman yang dikonsumsi.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengingatkan dan menghimbau kepada orang tua untuk lebih memperhatikan komposisi makanan/minuman yang biasa diberikan kepada anak-anaknya dan perlu diperhatikan bahwa jajanan yang murah tak jarang mengandung bahan-bahan berbahaya yang tidak baik apabila dikonsumsi terus menerus.

Meskipun demikian tidak semua jajanan sehat itu mahal, seperti susu UHT kemasan yang disajikan dengan porsi sesuai untuk anak habis dalam sekali minum tanpa membuatnya kekenyangan, ada juga biscuit susu yang mimiliki kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan dan membantu tumbuh kembang anak, jus buah kemasan yang tidak mengandung pengawet juga dapat menjadi pilihan lain karena jus buah kemasan merupakan produk minuman yang menyajikan sari buah segar dengan kandungan vitamin dan nutrisi buah yang baik untuk kesehatan.

Dokpri
Dokpri

Vitamin C tidak dapat diproduksi dan disimpan oleh tubuh kita, maka dari itu untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C harian dapat kita peroleh dari asupan makanan maupun vitamin c dalam bentuk tablet dengan dosis yang sesuai dengan konsumennya. Mahasiswa KKN Tematik UPI 2022 telah membagikan vitamin C tablet 50 mg dengan anjuran untuk dikonsumsi minimal oleh anak-anak berusia 10 tahun keatas dengan dosis 1 tablet sehari.

Hanifa Dina Aulia Dewi Umbara, FPMIPA UPI 2019

Peserta KKN Tematik UPI 2022 Membagikan Jajanan Sehat dan Vitamin C Kepada Anak-Anak di Desa Margasana

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan