Mohon tunggu...
Muhammad Hanif Naufal Zaki
Muhammad Hanif Naufal Zaki Mohon Tunggu... Atlet - KKN TEMATIK UPI 2021

Mahasiswa KKN Tematik UPI 2021

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kerja Bakti Mempersiapkan PTMT di SDN 032 Tilil

25 September 2021   20:07 Diperbarui: 25 September 2021   20:10 65 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kegiatan kerja bakti kolaborasi antara Guru, Orangtua siswa dan Mahasiswa KKN UPI 2021 mempersiapkan pembelajaran tatap muka, seperti yang telah diumumkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Drs. H. Hikmat Ginanjar, M.Si. Bahwa pada mulai tanggal 13 september  akan dilaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas di wilayah Kota Bandung, Pelaksanaan PTMT (Pembelajran Tatap Muka Terbatas) dilakukan secara bertahap . Dimulai dari masa uji coba, masa transisi, kemudian masa adaptasi kebiasaan baru, hingga masa new normal.

Oleh karena itu setiap sekolah di Kota Bandung harus mempersiapkan segala yang dibutuhkan agar proses pembelajaran tatap muka terbatas berjalan dengan lancar dan sesuai dengan protokol Kesehatan yang berlaku mulai dari kebersihan hingga proses pembelajaran agar tetap menjaga protokol Kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Sebelum dilaksakannya PTMT pada tanggal 13 september  , setiap sekolah harus membersihkan ruang belajar sehingga nyaman digunakan dan terjaga kebersihannya agar pada saat PTMT berlangsung para siswa tidak takut akan tercemar dari ruangan yang tidak bersih juga mengurangi dampat terpapar penyakit.

Lingkungan yang bersih dan sehat merupakan salah satu item dalam standart operasional prosedur (SOP) pelaksanaan PTMT (Pembelajaran Tatap Muka Terbatas), Ruang kelas harus bersih dari sampah ,debu, dan diatur kursi-meja minimal berjarak 1,5 meter, Tempat cuci tangan seperti saluran air yang  sudah tersedia baik di lapangan maupun hand sanitaizer dikelas masing masing, dan juga toilet sekolah harus tetap bersih. Untuk menyiapkan itu semua Kepala sekolah harus bisa merangkul semua kalangan yang ada disekolah baik dari Guru, Staff maupun orang tua siswa untuk mempersiapkan itu semua.

Dokpri
Dokpri

Seperti yang dilakukan oleh salah satu sekolah di Kota bandung yang berada dikawasan dekat Gedung sate dan Monumen Perjuangan yaiut SDN 032 Tilil , sesuai himbauan yang telah diumumkan bahwa sekolah harus sesuai standar protocol kesehatannya maka Kepala sekolah SDN 032 Tilil, Drs. Osa, M.M.Pd menghimbau seluruh guru dan staff wali kelas untuk mengadakan kegiatan kerja bakti agar sebelum tanggal 13 september 2021 layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas.

Bapak kepala sekolah juga merangkul orang tua siswa untuk membatu membersihkan ruang belajar yang ada di SDN 032 TIlil, juga ada Mahasiswa KKN UPI yang ikut serta membantu jalannya proses kerja bakti.

Kegiatan Kerja Bakti ini dilakukan selama 2 hari yaitu pada tanggal dari tanggal 3 dan 6  september 2021 dimana setiap harinya ada setengah dari seluruh  kelas yang dibersihkan , dikarenakan apabila semua serentak langsung dibersihkan semua kelas ditakutkan akan terjadinya kerumunan oleh karena itu kepala sekolah membagi kelompok untuk membersihkan kelas dan lingkungan sekolah.

Selain membersihkan ruangan dan lingkungan sekolah , untuk kesiapan pembelajaran agar orang tua tidak kahwatir anak nya terparar penyakit, tenaga pengajar di SDN 032 Tilil telah  melakukan vaksinasi agar lebih terjaga kesehatannya.

Setelah kegiatan kerja bakti membersihkan ruangan dan lingkungan sekolah , disamping itu para guru dan staff juga mahasiswa kkn upi yang ikut berpartisipasi mengadakan rapat mempersiapkan bagaimana teknis yang akan dijalankan pada saat PTMT berlangsung, dikarenakan PTMT tahap awal hanya bisa memasukan 20 persen dari setiap kelasnya.

Dokpri
Dokpri

Mohon tunggu...
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan