Mohon tunggu...
Tri Wahyu Handayani
Tri Wahyu Handayani Mohon Tunggu... Dosen - menulis untuk kebaikan

dosen, penulis, narablog di haniwidiatmoko.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Mencegah Stunting Bersama Ruang Riung Ceria

27 September 2021   20:10 Diperbarui: 28 September 2021   09:04 562 5 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
data prevalensi stunting di Indonesia, sumber: http://p2ptm.kemkes.go.id/

Banyak yang tidak menyadari bahwa stunting merupakan masalah bersama seluruh masyarakat Indonesia. Menurut data WHO, Indonesia menempati urutan keempat dunia yang anak-anaknya mengalami stunting. Sedih, ya...

Pengertian stunting adalah kekurangan gizi dalam waktu lama pada anak-anak yang ditandai pertumbuhannya terhambat dibandingkan dengan anak normal. 

Anak stunting ditandai dengan tubuh pendek, rentan terhadap penyakit, memiliki tingkat kecerdasan di bawah normal, dan produktivitasnya rendah. Walaupun tidak semua anak bertubuh pendek mengalami stunting, tetapi anak stunting pertumbuhannya memang lebih pendek.

Data infografis di atas menunjukkan bahwa angka stunting di Indonesia mencapai 27.5%. Angka ini lebih tinggi daripada standar WHO yaitu 20%. 

Menurut WHO, masalah kesehatan masyarakat dapat dianggap kronis bila prevalensi stunting lebih dari 20 persen. Artinya, secara nasional masalah stunting di Indonesia tergolong kronis, apalagi di 14 provinsi prevalensinya melebihi angka nasional. 

Oleh sebab itu Presiden Joko Widodo di awal tahun 2021 ini mencanangkan bahwa pemerintah Indonesia menargetkan angka stunting turun menjadi 14 persen di tahun 2024.

Menurunkan prevelansi angka stunting amat penting bagi bangsa Indonesia, bila ingin menyiapkan generasi emas Indonesia di tahun 2045.

Latar Belakang Ruang Riung Ceria

Mencegah stunting pada anak-anak menjadi pekerjaan rumah kita semua. Hal ini sudah dimulai oleh Ruang Riung Ceria sebuah komunitas yang bergerak mencegah stunting, digagas oleh kolaborasi Pilar Tunas Nusa Lestari bersama dengan Heights and Minds, serta Mitra RW 11 Desa Rancaekek Wetan, Kabupaten Bandung.

Gagasan Ruang Riung Ceria adalah mengawal dan menggerakkan masyarakat untuk menjaga '1000 hari pertama kehidupan' sehingga anak-anak terpantau tumbuh kembangnya dan terhindar dari stunting. Seperti kita ketahui masa '1000 hari pertama kehidupan' adalah mulainya kehamilan, bayi lahir, hingga berusia dua tahun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan