Mohon tunggu...
Handy Pranowo
Handy Pranowo Mohon Tunggu... Lainnya - Love for All Hatred for None

Setia dengan Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Si Perangkai Bunga di Kapal Pesiar

27 Oktober 2021   01:21 Diperbarui: 27 Oktober 2021   13:25 159 31 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
dokpri.salah satu rangkaian bunga yang saya buat untuk Front Office.

Menjadi kebanggaan tersendiri bagi diriku yang kebetulan pernah menjadi seorang perangkai bunga di atas kapal pesiar selama tiga kali kontrak (2008-2011) dengan tiga kapal berbeda yaitu kontrak pertama bersama ms.Noordam, kedua bersama ms.Westerdam dan yang terakhir bersama ms.Rotterdam.

Dari tiga kapal tersebut tentu saja jalur pelayarannya berbeda-beda dan yang pasti saya bersyukur mendapat karunia Tuhan dapat bekerja di atas kapal pesiar sekaligus bisa mengunjungi negara-negara di beberapa belahan dunia. Sungguh suatu pengalaman yang mahal harganya.

Flower Boy begitulah orang-orang di kapal biasa menyebut nama kami bahkan ada juga yang memanggil kami dengan sebutan "Tukem" atau tukang kembang biasanya mereka yang menyebut dengan nama itu yaitu para pekerja Indonesia yang notabene paling banyak prosentasenya di bandingkan para pekerja dari negara-negara lain. Yang kedua yaitu dari Filipina.

Sebelumnya para perangkai bunga di atas kapal pesiar Holland America adalah orang-orang Belanda namun di karenakan untuk membayar gaji mereka terlalu mahal maka di gantikanlah dengan orang-orang Indonesia, tetapi untuk updatenya saat ini saya tidak tahu persis apakah masih di pegang oleh orang-orang Indonesia.

Bukan pekerjaan yang mudah memang namun cukup menyenangkan dan juga menantang apalagi kita di tuntut untuk selalu menyajikan rangkaian-rangkaian bunga yang fresh dan juga dengan design yang selalu update di tiap minggunya.

Dari proses loading bunga atau pengambilan bunga dari darat ke atas kapal sampai dengan memilah-milah jenis-jenis bunga lalu di simpan ke dalam ember-ember besar yang berisi air hingga proses merangkai dan menaruhnya ke tempat-tempat yang telah di tentukan di seluruh ruangan kapal itu semua kita yang mengerjakan.

Jadi biasanya Cruise atau pelayaran kapal itu seminggu sekali namun ada juga yang lebih dari seminggu jadi bunga-bunga itu datang bersamaan dengan keluar dan masuknya para penumpang atau yang biasa di sebut Embarkation Day

Sehari sebelum embarkation day kita sudah harus menyiapkan dan membersihkan ember-ember dan di isi dengan air yang baru juga di beri sedikit bubuk vitamin penyegar bunga. Bunga-bunga yang lama atau yang sudah layu mesti di buang dan seluruh rangkaian di atas kapal juga mesti di turunkan untuk di ganti dengan rangkaian yang baru.

dokpri.obat atau vitamin untuk bunga potong
dokpri.obat atau vitamin untuk bunga potong

Banyak jenis-jenis bunga yang kami dapatkan dari bunga mawar, lily, anggrek hingga tulip kadang jenis-jenis bunga yang datang tergantung juga dengan "permintaan" dari florist di kapal. Namun kadang ada pula pengaruh ketersediaan tergantung di mana saat itu kita berlayar. Termasuk juga model vas-vas bunga yang baru sesuai dengan permintaan florist akan tiba pula pada Embarkation Day.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan