Mohon tunggu...
Handri SKom
Handri SKom Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Menulis artikel

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Selalu Ada Cara Berbuat Kebajikan Asalkan Ada Niat

11 Agustus 2022   10:28 Diperbarui: 11 Agustus 2022   11:06 112 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Perkenalkan saya bernama Handri , saya berasal dari kota medan , judul blog saya ini adalah " selalu ada cara berbuat kebajikan asalkan ada niat "

Dalam berbagai aspek kehidupan manusia sering diajarkan untuk selalu berbuat kebaikan (kebajikan) terhadap sesama manusia. Menurut pendapat saya bahwa kebajikan dapat dilakukan oleh siapapun asalkan ada niat (kemauan) saja. Kebajikan bisa dilakukan berupa materi (uang), pikiran dan tenaga. Kebajikan tidak selalu harus dengan uang melainkan dengan pikiran dan tenaga juga bisa. Selama ini pemikiran untuk melakukan kebajikan selalu terbayang bayang dengan uang maka secara langsung yang tidak memiliki uang lebih maka tidak dapat melakukan kebajikan. Terhadap yang memiliki uang tidak lebih maka masih bisa melakukan kebajikan dengan keadaan ekonomi yang dimiliki yaitu dengan mengeluarkan sedikit saja dari uang tersebut untuk berbuat kebajikan berupa membeli beberapa bungkus mie instan, nasi sayur maupun minuman kepada orang yang kurang mampu. Tindakan kebajikan tersebut harus dilakukan dengan hati yang tulus dan jangan mengharapkan imbalan. Perbuatan kebajikan tidak dapat dipengaruhi oleh perubahan jaman apapun. Perbuatan kebajikan merupakan suatu perbuatan yang ada di dalam diri setiap manusia, hanyalah manusia tersebut mau melakukannya atau tidak.

Dengan seiring waktu berjalan, sebagian manusia tidak peduli terhadap sesama manusia, mereka lebih mementingkan dirinya saja dalam berbagai aspek kehidupan. Jenis pemikiran manusia ini yang ditakutkan akan ditiru oleh orang yang memiliki sifat yang sama tersebut yaitu lebih mementingkan dirinya saja. Seharusnya mereka harus memberikan contoh yang baik disekelilingnya agar hati nurani orang yang belum tergerak untuk berbuat kebajikan dapat secara langsung ada niat untuk berbuat kebajikan. Perbuatan kebajikan pada dasarnya tidak ada aturan yang mengikatnya melainkan merupakan perbuatan yang bebas dalam setiap diri manusia

Dalam melakukan perbuatan kebajikan seperti yang tadi saya jelaskan di atas selain dari segi materi (uang) dapat juga berupa pikiran dan tenaga, maka dari itu saya akan menjelaskan dari segi pikiran. Sebenarnya pada dasarnya setiap manusia memiliki pemikiran hendak membuat kebajikan akan tetapi dipengaruhi oleh orang disekelilingnya yang membuat dia tidak berbuat kebajikan tersebut ataupun dirinya sendiri yang benar benar hanya mementingkan dirinya sendiri saja tanpa peduli dengan sesamanya. Perbuatan kebajikan dari segi pikiran adalah memberikan ide pikiran yang bijaksana kepada sesama manusia disekelilingnya untuk berbuat kebajikan, mengajarkan pemikiran mengenai perbuatan kebajikan merupakan perbuatan yang mulia sehingga dengan adanya perbuatan kebajikan tersebut maka manusia dapat meringankan beban seseorang ataupun makhluk yang ada di sekelilingnya, serta mengajarkan pemikiran bahwa perbuatan kebajikan tidak boleh mengharapkan imbalan apapun melainkan dilakukan dengan hati yang tulus saja.

Dalam kehidupan sehari-hari sering kita dijumpai orang yang berkata bahwa untuk apa berbuat kebaikan karena dunia jaman sekarang tidak ada yang gratis, kalau mau hidup senang berusahalah sendiri untuk apa mengharapkan bantuan dari orang yang mampu. Beginilah kalimat yang saya sendiri pernah dengar, menurut pendapat saya bahwa orang yang tidak mampu tidak semuanya tidak berusaha tetapi mereka sudah berusaha tetapi belum ada hasilnya dan sudah cepat menyerah, justru yang saya tekankan disini bahwa janganlah cepat menyerah tetapi tetaplah berusaha terus walaupun sudah tahu akan ada resiko di depannya. Perlu diingat bahwa dunia ini berputar tidak pernah berhenti sedetikpun yang artinya secara tersirat bahwa orang yang tidak mampu akan menjadi mampu berkat ketekunannya, semangatnya, rajin berdoa dan tidak cepat menyerah, sedangkan kalau orang yang mampu tetapi tidak pandai mengatur keuangannya maka secara perlahan lahan akan habis juga, maka dari itu saya menekankan bahwa baik orang yang mampu dan orang yang tidak mampu harus bersemangat dalam melakukan perbuatan bajik. Perbuatan kebajikan juga harus disertai kebijaksanaan. Kebajikan merupakan perbuatan yang mudah sekali untuk dilakukan dimanapun dan kapanpun asalkan hati ada niat saja.

Dalam melakukan perbuatan kebajikan dari segi tenaga adalah membantu sesama dengan tenaga yang ada seperti kerja bakti di lingkungan sekitar dan bisa juga mendaftarkan diri sebagai tenaga sukarela di organisasi kemanusiaan. Perlu diingat bahwa sebagai tenaga sukarela jangan pernah mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun tetapi dilakukan dengan penuh sukarela dan bahagia. Di samping itu , dapat juga sebagai penggerak untuk mengalang dana untuk orang yang tidak mampu sehingga dengan demikian dana yang terkumpulkan dapat digunakan untuk kebutuhan bagi orang yang tidak mampu, perbuatan penggalangan dana ini boleh dilakukan secara pribadi maupun melalui organisasi kemanusiaan tersebut. Selain itu kebajikan melalui tenaga juga bisa berupa membantu para seniman untuk mengembangkan kreativitasnya di ajang ajang perlombaan yang ada atau bisa dibantu promosikan melalui media sosial. Terkadang para seniman tidak ada yang memfasilitasi mereka ke ajang ajang perlombaan yang ada.

Dengan demikian segala perbuatan kebajikan baik berupa materi (uang), pikiran dan tenaga dapat dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun asalkan hati orang tersebut ada niat saja. Jikalau ada kesempatan untuk berbuat kebajikan segeralah dilakukan tanpa harus menunda nunda lagi karena kita tidak akan tahu esok hari kita akan bagaimana. Lakukanlah kebajikan dengan bijaksana, bahagia dan tulus dari hati.

Salam dari saya Handri. Terima kasih telah membaca blog saya. Semoga bermanfaat bagi semuanya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan