Mohon tunggu...
Handayani siregarr
Handayani siregarr Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa politeknik negri medan

Jurusan teknik komputer prodi manajemen informatika

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengalaman Masuk Negeri Medan

19 Oktober 2019   19:49 Diperbarui: 21 Oktober 2019   15:18 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Berawal  setelah  saya  lulus  SMA  BARUMUN  TENGAH  Tahun 2019, saya  melanjutkan  untuk  masuk  perguruan  tinggi  negri. Jalur  masuk  PTN  yang  saya tahu  itu adalah SNMPTN.  

Menurut  saya, jalur   masuk  ini  mempunyai  daya tarik  karena ALLAH  dan  panitia  yang tahu penilaiannya yang pasti  saya  tahu  untuk  bisa   masuk   PTN lewat  jalur ini butuh proses  akademik  yang  yang baik.  mulai  dari nilai,  sampai  prestasi, dan dengan passing grade serta pesaing  yang cukup banyak. Bukan hanya SNMPTN, saya juga ikut  jalur  SPAN PTKIN,   dan jalur  PMDK PN.  

Berbagai  jalur  masuk tanpa  testing  saya  ikuti  dengan   harapan  besar  bisa  diterima  diantara  jalur-jalur itu.  utamanya  pastilah  SNMPTN  karena  itu  jalur  yang  pertama kali di umumkan.  pasca  UN  hati  ini  selalu  berdebar  sambil ber do'a  agar  masuk  dan  mendapat  hasil  yang  baik,  hari  itu  tepat  pada  tanggal  10 april dimana  jalur SNMPTN  di  umumkan   dan  akhirnya  saya  membuka  web  nya  dimana disitu  tertera  MOHON  MAAF  ANDA  BELUM  BERHASIL artinya  saya  gagal  pada  tahap  satu ini, rasanya  bercampur  aduk  kecewa, kesal, marah, sedih, semua jadi satu, apalagi mengetahui teman-teman saya   berhasil   diterima  di  jalur  snmptn  ini. 

Tapi, saya  tidak  menyerah  karena  masih  punya 2" kunci"  lagi. kebetulan di SPAN PTKIN  saya memilih jurusan  Administrasi, lagi-lagi  saya  gagal  dalam  span ptkin. sekarang  harapan  saya hanya jalur PMDK PN,  mulanya  saya  sudah  agak  takut  untuk  mencoba nya tapi, kawan   saya  berusaha  untuk  membujuk  saya agar  tetap ikut di jalur  ini, akhirnya  kami  pun  mencobanya, di  jalur  ini   berbeda dengan  jalur sebelumnya,  karena  kami  harus  membujuk salah  satu  guru  di  SMA  BARTENG  setelah beberapa  hari  kemudian.

Kami  berhasil membujuk  salah  satu guru  SMA BARTENG  dan  meminta  izin   agar  bisa  mendaftar kan kami   secara  online. Salah  satu  guru  itu  pun  mau, saat pendaftaran  pun  berlangsung  kami  sangat  sedih  karena  guru  yang  mendaftarkan  kami  ini  sangat  judess,  marah-marah, dan  tidak  open, tapi  kami  tetap  sabar   agar daftar  online nya berjalan  dengan baik.  

Kami  pun  menunggu  hingga  ber  jam- jam  karena  pada  saat  itu  koneksi  internet tidak  memungkinkan, dan beberapa  jam kemudian  daftar  online  nya pun  selesai. Di mana  disitu  kami  sangat  lega  walaupun  belum  tahu  hasil  nya, hari pun berganti  bahwa  pengumuman  PMDK PN  telah dikirim,  saya  langsung  pesimis  takut  gagal  lagi. 

Pada  tanggal  20  april  saya  pun  mendapat  kabar  gembira  bahwa  saya  LOLOS  atau  di  TERIMA   pada  jalu  PMDK PN ini. jadi,  diantara  3  jalur  ini 2  jalur  saya  telah gagal. 

Banyak  yang  menganggap   bahwa  jalur  undangan  itu  jalur  bonus, saya  sangat  tidak  setuju  karena  jalur  undangan  adalah  jalur  yang  paling  lama  perjuangan nya. perjuangan  masuk  jalur  undangan  itu  selama  3 tahun  di SMA,  dimana  selama  3 tahun  itu  nilai  kita  harus  bagus  dan  progress nya  harus  meningkat.  

Tidak  ada perjuangan  yang  mudah, tidak  ada  sesuatu  yang  instan.  Saya  bisa  memahami  bagaimana  sulit  nya bangkit  dan  berpikir  positif,  ALLAH  adalah  pembuat jalan  yang  baik,  jangan  patah  semangat  terus  ber  do'a  dan  mencoba.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun