Mohon tunggu...
Hana Sefira Wahyu
Hana Sefira Wahyu Mohon Tunggu... Mahasiwa Universitas Kristen Duta Wacana

Bioteknologi

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Cucilah Tanganmu untuk Memutuskan Rantai Covid-19 di Kota Kelahiranmu!

15 Juli 2020   16:36 Diperbarui: 15 Juli 2020   16:39 20 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cucilah Tanganmu untuk Memutuskan Rantai Covid-19 di Kota Kelahiranmu!
Koleksi Pribadi

Hari-hari ini digemparkan oleh kasus penyebaran virus Covid-19 di tanah air, tak terkecuali di Samarinda Kota Tepian. Dikabarkan jumlah orang yang terinfeksi semakin bertambah, hal ini dipengaruhi banyak faktor yang terutama ialah faktor perilaku manusia. 

Pasalnya masih banyak masyarakat yang memandang sebelah mata mengenai wabah penyakit akibat virus Covid 19. Walaupun, penyakit ini memiliki gejala seperti flu biasanya yang terjadi ketika kita mengalami kelelahan. 

Namun, tidak bisa di anggap remeh, karena virus ini menyebabkan infeksi saluran pernafasan mulai dari flu biasa tadi hingga menjadi penyakit yang lebih parah seperti Middle East Respiratoru Syndrome (MERS) dan Severe Acure Respiratory Syndrome (SARS). Gelaja-gelaja lainnya pun muncul secara bertahap, seperti nyeri otot, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokkan serta diare. 

Virus Corona lebih cepat menyerang pada orang-orang yang lanjut usia, terutama bagi mereka ang telah memiliki riwayat penyakit bawaan seperti, diabetes, penyakit jantung, darah tinggi dan penyakit serius lainnya. 

Penyebaran COVID-19 ini dapat melalui kontak fisik terhadap penderita, atau pun terkena droplet (tetesan air ludah dan cairan dari hidung) orang yang terinfeksi. 

Tetesan tersebut dapat mendarat dimana saja, jika tetesan tersebut jatuh disuatu benda dan orang lain memegangnya, kemudian menyentuh mata, hidung dan mulut mereka maka terinfeksi pula orang tersebut.

Dalam kasus ini menjaga kebersihan seperti mencuci tangan menjadi suatu langkah sederhana yang sangatlah penting dan perlu dilakukan dengan cara yang benar pastinya. Air saja tidak cukup untuk mencuci tangan, gunakanlah sabun serta mengikuti cara 6 langkah cuci tangan. 

Pertama, basahin tangan dengan air terlebih dahulu lalu tuangkan sabun secukupnya dan gosok kedua tangan secara memutar. 

Kedua, usap dan gosok punggung tangan secara bergantian. 

Ketiga, gosok sela-sela jari tangan lakukan pula bergantian hingga bersih. 

Keempat, bersihkanlah ujung jari dengan cara saling mengunci. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x