Mohon tunggu...
Hanan Wiyoko
Hanan Wiyoko Mohon Tunggu... Wiraswasta - Saya menulis maka saya ada

Suka membaca dan menulis, bergiat di literasi digital dan politik, tinggal di Purwokerto, Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Social Media Specialist, Potensi Pekerjaan di Era Pandemi

10 Maret 2021   06:57 Diperbarui: 10 Maret 2021   07:12 213
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ipopba via kompas.com

Jumlah pengguna internet dan pengguna medsos yang terus bertambah menjadi peluang pekerjaan baru. Termasuk kemudahan menawarkan produk melalui online. Peluang kerja di masa pandemi.

DAMPAK pandemi Covid-19 berimbas luas, termasuk ke sektor perekonomian. Banyak perusahaan terdampak, misalnya berkurangnya omzet hingga pengurangan tenaga kerja. Namun tetap ada peluang untuk mendapatkan cuan di era pandemik ini, di antaranya dengan menjadi sosial media spesialis.

Apa Sosial Media Spesialis?

Sebuah penelitian dilansir dari Glints.com, menyebutkan bahwa lebih dari 3,2 miliar orang di dunia menggunakan media sosial dewasa ini. Angka ini menjadi fakta menarik, sekaligus bukti bahwa media sosial memang digandrungi masyarakat. 

Di Indonesia, jumlah pengguna internet pun terus bertambah setiap tahunnya. Hingga kuartal II/2020 mencapai 196,7 juta atau 73,7 persen dari populasi. Jumlah ini bertambah sekitar 25,5 juta pengguna dibandingkan tahun lalu.

Melihat data tersebut, menunjukkan potensi untuk memasarkan produk secara online khususnya melalui media sosial terbuka lebar. Hal ini mendorong lahirnya kesempatan bekerja sebagai sosial media spesialis.

Dilansir dari Betterteam dan Glints, social media specialist merupakan posisi yang fokus pada menciptakan konten digital yang kreatif dan menarik untuk berbagai platform media sosial perusahaan tertentu. Mereka melakukan ini dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness, memperkuat usaha marketing, dan juga mendorong angka penjualan.

Tugas Media Sosial Spesialis

Apakah saja tugas dan tanggung jawab dari social media specialist? Dilansir dari Betterteam dan Glints, berikut adalah tugas dari mereka:

1. mengembangkan content plan dalam media sosial yang sesuai dan konsisten dengan identitas brand

2. menciptakan konten yang memiliki value dan konsisten di semua platform media sosial

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun