Mohon tunggu...
Hanaishaq
Hanaishaq Mohon Tunggu... Mahasiswa IAIN Jember,
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

It's all about education.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Aliran Pragmatisme dan Para Filosofnya

26 Mei 2020   19:57 Diperbarui: 26 Mei 2020   19:54 13 0 0 Mohon Tunggu...

Kali ini saya akan membahas tentang aliran Pragmatisme dan beberapa filosofinya..

Apasih aliran Pragmatisme? 

1. Pragmatisme

Berasal dari bahasa Yunani "pragma" yang berarti sebuah perbuatan atau tindakan seseorang, dan "isme" artinya ajaran atau aliran. Pragmatisme adalah pandangan filsafat yang menekankan bahwa kebenaran adalah manfaat dari sebuah tindakan atau perbuatan. Aliran ini dalam filsafat yang berpandangan bahwa kriteria kebenaran sesuatu memiliki kegunaan bagi kehidupan yang nyata,maka dari itu kebenaran sifatnya menjadi relatif tidak mutlak.

2. Tokoh-tokoh Aliran Pragmatisme

A. Charles S Pierce

Sorang tokoh filsafat   pragmatisme. Dia merupakan pencetus dan pendiri filsafat pragmatisme. Ia lahir pada tahun 1839 dan meninggal pada tahun 1914. Menurutnya bahwa kebenaran yang Hakiki adalah kebenaran menurut fakta bukan opini, karena kebenaran menurut fakta itu adalah nyata adanya. Dan ia berpendapat bahwa suatu ajaran yang mengatakan bahwa suatu hari teori itu benar jika sejauh teori itu mampu menghasilkan sesuatu.

2. William James (1842-1910) 

 Salah satu Tokoh yang paling bertanggung jawab yang membuat pragmatisme menjadi terkenal di seluruh dunia.

Ia lahir di Amerika pada tahun 1842 dan meninggal pada tahun 1910. Menurutnya kebenaran itu akan selalu berubah sejalan dengan perkembangan pengalaman, karena apa yang dikatakan benar dapat dikoreksi pada pengalaman selanjutnya.

 Kebenaran pragmatisme tentang agama menurut James sebagaimana yang telah diungkapkan dalam bukunya bahwa bagi orang yang percaya kepada adanya suatu realitas,ia lebih tinggi daripada Tuhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN