Mohon tunggu...
Hana  Anisa
Hana Anisa Mohon Tunggu... Tenaga Pendidik - Surakarta

Tenaga Pendidik - Surakarta - tertarik pada dunia literasi, pendidikan anak, relawan.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ibu, Wanita Tangguh yang Kebaikannya di Bulan Ramadan Begitu Menginspirasi

21 April 2021   23:25 Diperbarui: 21 April 2021   23:53 225 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ibu, Wanita Tangguh yang Kebaikannya di Bulan Ramadan Begitu Menginspirasi
aku dan ibu (dok.pribadi)

Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan Indonesia. Semoga kita bisa mencontoh semangat juang Ibu Kartini. Berbicara sosok wanita tangguh di bulan ramadan sudah tentu aku ingin menceritakan sosok ibuku. 

Seorang wanita yang begitu aku kagumi tidak hanya kecantikan fisiknya, tapi juga kecantikan akhlaknya. Beliau yang selalu aku jumpai setiap hari telah mengajarkanku banyak hal. Mungkin jika diceritakan tidak akan pernah habis kata untuk menggambarkan betapa kerennya beliau. 

Khusus di bulan ramadan ini, aku ingin berbagi cerita tentang sosok ibuku yang baik hatinya, tangguh dan peduli kepada sesama. Cerita ini bukan untuk pamer, tetapi hanya untuk berbagi kisah semoga kamu bisa mengambil kebaikan dari beliau. Di saat ramadan banyak hal yang dilakukan ibu. Tidak hanya sibuk mengurus rumah tangga, ibu juga aktif di kehidupan sosial. 

  • Ibuku, sang komandan pengadaan Tunjangan Hari Raya (THR) 

Tunjangan Hari Raya (dok.pribadi)
Tunjangan Hari Raya (dok.pribadi)

Saat ramadan, kegiatan belajar mengajar tetap berjalan seperti biasanya. Ibuku yang seorang guru dan wali kelas tentunya memiliki kegiatan yang sangat padat. Apalagi saat ramadan tiba ada tambahan kegiatan selama bulan puasa bagi guru dan murid-murid. Ibu yang selalu terlibat dalam kegiatan ramadan di sekolah membuat aktivitas beliau semakin banyak. 

Selain itu, khusus bulan ramadan di sekolah ibu selalu menyiapkan Tunjangan Hari Raya (THR) berupa sembako dan makanan untuk para guru, karyawan dan pensiunan. Sudah bertahun - tahun ibukulah yang selalu ditunjuk menjadi komandan pengadaan THR ini.

Sudah hampir 8 tahun ini aku selalu menjadi asisten ibu dalam mempersiapkan THR yang ternyata tidaklah mudah. Setiap kali mendekati puasa ibu mengajakku untuk survey harga dan produk. Sehari kami bisa mengunjungi 3 swayalan hanya untuk membandingkan harga. 

Selain survey harga, ibu harus memikirkan kombinasi produk apa saja yang pantas untuk dibagikan. Setelah mendapatkan daftar harga dan berbagai produk, ibu akan merapatkannya dengan tim.

Begitu produk sudah ditentukan, ibuku akan memesankannya. Lagi -- lagi, beliaulah yang terjun langsung untuk memastikan bahwa pesanan sesuai dengan yang telah disepakati oleh tim. Menjadi hal yang mudah jika memesan hanya di satu tempat saja. 

Akan tetapi, tidak begitu. Seringkali produk yang dipesan berada di berbagai tempat. Beli kurma di A, minyak B, kue C dan lainnya. Sungguh tanggung jawab besar di pundak ibuku tidaklah mudah. Setelah semua produk dibeli, ibu menyerahkan pengemasan dan pendistribusian kepada tim.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN