Mohon tunggu...
Hana  Anisa
Hana Anisa Mohon Tunggu... Tenaga Pendidik - Surakarta

Tenaga Pendidik - Surakarta - tertarik pada dunia literasi, pendidikan anak, relawan.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Jaga Daya Tahan Tubuh Selama Puasa dengan 3 Kebaikan Alami dari Kojima

20 April 2021   23:11 Diperbarui: 20 April 2021   23:26 306 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jaga Daya Tahan Tubuh Selama Puasa dengan 3 Kebaikan Alami dari Kojima
https://www.instagram.com/p/CKQp7edrL0x/

Tidak terasa ya kita sudah memasuki hari ke delapan bulan ramadan. Bagaimana puasa teman - teman? Semoga lancar dan kita semua diberikan kesehatan serta kekuatan untuk menjalankan ibadah puasa sampai akhir nanti yaa. Aamiin

Puasa merupakan ibadah wajib di bulan ramadan yang harus dijalankan oleh seluruh umat muslim. Allah SWT mewajibkan puasa bagi kita lewat firman-Nya yang terdapat pada surat Al-Baqarah 

Wahai orang - orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. 

(Q.S Al Baqarah : 183)

..... Barang siapa diantara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa) maka wajib mengganti sebanyak hari dia tidak berpuasa.  Bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah. Tetapi, barang siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan pasau itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahuinya. 

(Q.S Al Baqarah : 184)

Allah SWT tidak hanya mewajibkan puasa, tetapi juga mewajibkan untuk mengganti puasa jika kita tidak menjalankan puasa ramadan. Dilihat dari segi agama, puasa menjadi salah satu bentuk ibadah wajib yang bernilai pahala. Selain dilihat dari aspek agama, puasa ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan kita. Manfaat puasa telah dikaji oleh  Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, terdapat 3 manfaat dari ibadah puasa yaitu:

  • Ketika seseorang menjalankan ibadah puasa, tubuh kita melakukan proses detoksifikasi yaitu proses pembuangan zat-zat atau racun yang tidak diperlukan tubuh secara optimal.
  • Ketika menjalankan ibadah puasa, sel-sel dalam organ tubuh kita melakukan proses regenerasi pembaharuan sel dengan baik.
  • Ketika kita berpuasa, maka akan memperkuat sistem kekebalan tubuh dimana fungsi dari sel- sel getah bening akan membaik 10 kali lipat.

Manfaat ibadah puasa dapat kita rasakan, apabila kita tetap menjaga kualitas puasa kita selama bulan ramadan. Mengingat bulan puasa menjadi tantangan tersendiri bagi kita yang memiliki aktivitas yang padat. Di siang hari sambil menahan lapar dan haus, kita harus tetap menyelesaikan semua pekerjaan kita. Puasa janganlah kita jadikan alasan untuk bermalas - malasan.  Kuncinya ada pada makanan yang kita makan saat sahur dan buka puasa. 

Saat sahur makanan yang kita santap akan menjadi sumber kekuatan dan daya tahan tubuh untuk melakukan aktivitas di pagi hingga sore hari. Jadi, kita jangan sampai meninggalkan sahur. Selanjutnya ketika berbuka puasa makanan yang kita konsumsi akan menggantikan nutrisi tubuh yang hilang setelah kita lelah beraktivitas seharian. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memperhatikan asupan makanan yang kita konsumsi selama sahur dan berbuka puasa. 

Sudah bertahun - tahun, selama bulan puasa orang tuaku selalu memasukkan kurma dan madu dalam menu sahur dan buka puasa. Kurma dan madu kami percaya mengandung nutrisi yang akan menjaga daya tahan tubuh kami seharian. Kami memakan kurma secara langsung dan juga mencampurkannya dalam jus. Sedangkan madu kami konsumsi dengan berbagai cara diantaranya, meminumnya langsung, mencampurkannya ke dalam segelas air putih, mencampurkannya ke dalam jus atau teh sebagai pengganti gula dan mengoleskannya ke atas roti tawar. Ada satu lagi yang sering dikonsumsi oleh ayahku yaitu habatussaudah atau jinten hitam untuk menjaga kesehatannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN